Pasien Covid-19 Terus Bertambah, Masyarakat Diminta Perketat Protokol Kesehatan

Dilihat 4653 kali
Foto ilustrasi freepik.com

BERITAMAGELANG.ID - Beberapa hari terakhir, jumlah penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, mencapai dua digit. Bahkan pernah mencapai tiga digit (109 orang) pada Sabtu (14/11/2020). 


Terkait hal itu Satgas Penanganan Covid-19 setempat, meminta masyarakat untuk mengoptimalkan program Jogo Tonggo dan menaati Inpres No. 6 Tahun 2020 dan Perbup Magelang No. 38 Tahun 2020 tentang pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan.


"Kita cukup prihatin melihat penambahan pasien positif dalam beberapa hari terakhir. Jumlah penambahannya cukup signifikan hampir setiap hari. Hal ini tentu tidak bisa dibiarkan. Virus Corona ternyata masih ada. Jadi jangan pernah menyepelekan," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, Rabu (18/11/2020).


Disampaikan Nanda, pada hari ini ada penambahan pasien positif sebanyak 97 orang. Sebanyak 64 diantaranya berasal dari swab masif dan sisanya dari kontak erat. 


22 diantaranya, berasal dari Kecamatan Tempuran. Kemudian, Mertoyudan (15 orang), Muntilan (9), Tegalrejo (8), Secang (7), Salaman (6) dan masing-masing 5 orang di Mertoyudan dan Mungkid. Selain itu ada 4 orang tersebar di Pakis, Candimulyo dan Bandongan serta tiga orang di Kaliangkrik dan Salam. Kemudian dua orang di Grabag, Sawangan,  dan Dukun serta satu orang di Borobudur. 


Meski demikian, hari ini ada 54 pasien positif yang dinyatakan sembuh. Mereka tersebar di Secang (13), Mertoyudan dan Borobudur, masing-masing 8 orang, serta Salaman ada 5 orang. Kemudian di Srumbung, Windusari dan Kajoran, masing-masing 4 orang, tiga di Kaliangkrik dan dua orang di Grabag. Selain itu juga ada satu orang di Muntilan, Salam dan Candimulyo. 


"Hari ini juga ada dua pasien positif yang meninggal. Mereka berasal dari Tegalrejo dan Sawangan. Dengan tambahan semua itu, jumlah kumulatifnya menjadi 1.884 orang. Rinciannya, 569 dalam penyembuhan, 1.258 sembuh dan 56 meninggal," jelasnya.


Pasien Dalam Pengawasan (PDP) hari ini ada tambahan 13 orang. Tiga di Mertoyudan dan Secang, kemudian dua di Grabag dan satu orang tersebar di Mungkid, Salam, Dukun, Salaman dan Bandongan. 


Namun demikian, ada dua PDP yang sembuh. Berasal dari Mungkid dan Tegalrejo. Selain itu juga ada 11 PDP yang alih status menjadi pasien positif. 


"Dengan tambahan 13, sembuh dua dan alih status 11 itu, jumlah kumulatifnya menjadi 778 orang. Rinciannya, 60 dirawat, 645 sembuh dan 73 meninggal," terangnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar