Pasca Kebakaran, Wakil Bupati Tinjau Pasar Blabak

Dilihat 1615 kali
Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana didampingi Camat Mungkid Sukamtono meninjau pasar Blabak yang ludes terbakar

BERITAMAGELANG.ID - Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana pagi ini secara langsung meninjau lokasi terjadinya kebakaran di Pasar Blabak, Mungkid, Jumat (18/10). Pasar Blabak terbakar pada Kamis (17/10) sekira pukul 20.00 WIB.


Saat meninjau lokasi kebakaran, Edi mengatakan pihaknya akan segera merapatkan secara khusus mengenai langkah-langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menangani pasar tersebut.


"Kalau nanti memang akan kita bangun secara keseluruhan, tentunya pasti akan kita buatkan pasar penampungan sementara," kata Edi di sela tinjauan lokasi kebakaran di Pasar Blabak.


Lanjut Edi, kebetulan anggaran baru saja masuk ke DPRD, maka masih punya kesempatan untuk direalisasikan di tahun anggaran 2020. Menurutnya, secara fisik kondisi Pasar Blabak tersebut memang sudah tidak layak lagi.


"Nanti kita akan bahas bersama Dinas Pasar terkait lokasi pasar darurat. Jangan sampai nanti pasar darurat atau penampungan ini sepi. Yang pasti secepatnya, apalagi ini menjelang musim hujan," ujarnya.


Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Magelang, Asfuri dalam laporannya menyebutkan, 30 persen bangunan Pasar Blabak ludes terbakar.


Dari 582 pedagang di Pasar Blabak, yang terdampak kebakaran sekitar 90 pedagang los. Dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Sementara kerugian material yang ditimbulkan akibat kebakaran tersebut mencapai kurang lebih Rp 3 Miliyar (berupa bangunan) belum ditambah kerugian barang.


Sedangkan penyebab terjadinya kebakaran sendiri untuk sementara diduga kuat karena terjadi korsleting listrik. Namun demikian, pihaknya telah menyerahkan penyelidikan lebih lanjut kepada aparat yang berwajib.


"Secara fisik, bangunan Pasar Blabak ini memang sudah rapuh karena sejak zaman belanda. Bahkan sebagian bangunan masuk cagar budaya," ungkap Asfuri.


Saat ini pihaknya pun akan segera melakukan pendataan pedagang yang terdampak kebakaran untuk segera melakukan langkah-langkah strategis.


"Segera mungkin kita akan carikan tempat berdagang sementara agar roda perekonomian tetap berjalan," pungkas Asfuri.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar