Pasar Tradisi Lembah Merapi Akan Kembali Dikembangkan

Dilihat 1295 kali
Anggota Pokdarwis Tirta Biru melaksanakan kegiatan penguatan Pokdarwis dalam rangka menata Pasar Tradisi Lembah Merapi

BERITAMAGELANG.ID - Dalam rangka menata dan menambah fasilitas Pasar Tradisi Lembah Merapi Gununggono, Pemerintah Desa Banyubiru Kecamatan Dukun menggelar kegiatan pelatihan penguatan Pokdarwis Tirta Biru.


Kegiatan yang diikuti sebanyak 35 anggota Pokdarwis dari seluruh unsur seperti UMKM, Kuliner, Seni Budaya tersebut masuk dalam bidang pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan dan peningkatan kapasitas pengelolaan desa wisata Banyubiru.


“Dua tahun ini kan kita tiarap akibat pandemi, nah untuk menyemangati teman-teman Pokdarwis ini kita perlu ketemu, diskusi dalam rangka penguatan untuk menata kembali Pasar Tradisi Lembah Merapi. Walaupun pasar tersebut sudah kita buka kembali dalam satu bulan ini," kata Kepala Desa Banyubiru, Wintoro.


Pertemuan tersebut dijelaskan Wintoro juga sebagai bahan evaluasi dari kelebihan dan kekurangan seluruh komponen masyarakat yang terlibat dalam Pasar Tradisi Lembah Merapi tersebut dengan harapan akan menjadi lebih baik untuk ke depan.


“Pemerintah Desa pun dalam hal ini sudah mempersiapkan agenda-agenda ke depan untuk pariwisata. Makanya kita perlu duduk bersama demi mewujudkan hal tersebut," lanjutnya.


Menurutnya, fasilitas parkir, akses jalan, spot wisata dan penyajian makanan sebagai pokok pikiran dalam penguatan tersebut. Karena Wintoro menginginkan konsep tradisional tersebut tetap terjaga.


“Selama 8 bulan ketika masih beroperasi ada perputaran uang senilai Rp1,3 miliar dengan sistem bagi hasil. Nah bagi hasil inilah yang kita manfaatkan untuk membuat lapak-lapak pedagang," jelasnya.


Wintoro optimis, sektor pariwisata dapat segera pulih sehingga dirinya tetap akan mempertahankan Pasar Tradisi Lembah Merapi dengan konsep tradisional.


Supriyadi, selaku Ketua Pokdarwis Tirta Biru Desa Banyubiru Kecamatan Dukun berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran wisata masyarakat sekitar juga mengembangkan potensi wisata yang ada.


“Dalam waktu dekat sesuai dengan program kerja kami adalah menata dan menambah spot-spot di destinasi wisata di area Pasar Tradisi Lembah Merapi," katanya.


Sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut adalah dari Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang serta Penasehat Komunitas Pariwisata Pesona Magelang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar