Pasar Muntilan Segera Dibuka 10 November

Dilihat 3588 kali
Pasar Baru Muntilan Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang memastikan pada 10 November 2019 pedagang sudah bisa  menempati Pasar Baru Muntilan. Hingga saat ini, proses penataan ulang masih berlangsung dan ditargetkan selesai dalam waktu dekat.


Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Magelang, Asfuri menjelaskan proses penataan ulang masih dalam progres 10 persen baik dari sisi pedagang kios dan los yang jumlahnya mencapai 1.770 pedagang.


Banyaknya jumlah pedagang yang akan menempati Pasar Muntilan itu harus hati-hati secara cermat dengan kepala dingin. 


"Supaya aspirasi dari para pedagang bisa tersalurkan dengan baik,” ujar Asfuri, Sabtu (2/11/2019).


Pihaknya juga mengakui awalnya terdapat sejumlah pedagang yang merasa keberatan dengan kebijakan yang ada terutama terkait harga. Sebagai solusinya, para pedagang sudah menjalin kerja sama dengan pihak perbankan untuk mencari solusi terkait pembiayaan kios.


Selain itu, tercatat 1.202 pedagang lesehan di Pasar Muntilan tidak dikenakan uang tebusan atau digratiskan. Sehingga, dalam pembagiannya Pemerintah Kabupaten Magelang tidak berhitung untung rugi terkait pembagian los dan kios.


“Kalau dihitung dengan harga kios 30-37 juta dan los 6-12 juta, tentunya jauh dari kata untung karena jika seluruh pedagang melunasi baru terkumpul sekitar 21 Milyar. Sementara biaya pembangunannya mencapai 90 Milyar,” jelas Asfuri.


Pihaknya juga menjamin jika proses pembagian kios dan los di Pasar Muntilan berlangsung secara transparan dan berjalan sesuai prosedur yang berlaku. Dimulai dari sosialisasi pada akhir Agustus lalu, kemudian penunjukkan kios/ los, bayar tebusan hingga proses penempatan.


Menurutnya, sejumlah pedagang sudah mulai ada yang menempati meskipun segala sesuatu masih dalam proses persiapan seperti kebersihan, perbaikan sarana dan prasarana.


"Harapan kami pada tanggal 10 november seluruh pedagang sudah menempati pasar baru semua,” imbuhnya.


Sementara itu, Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Muntilan, Untung Iskandar mengaku merasa senang dengan kabar bisa ditempatinya pasar baru tersebut. Terlebih aspirasi para Pedagang terkait Harga dan pembagian los dan kios bisa dilakukan dengan baik.


“Saat ini sebagian dari kami juga sudah mulai berjualan. Kebanyakan masih menyiapkan barang dagangannya Sehingga nanti setelah pasar resmi dibuka kami sudah siap seratus persen,” terangnya.


Untung berharap kemegahan pasar Muntilan yang baru ini dapat menarik perhatian masyarakat untuk kembali membeli barang di Pasar Tradisional. 


"Harapannya pedagang bisa lebih sejahtera dengan keberadaan pasar baru Muntilan ini," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

1 Komentar

Guntoro 21 November 2019 03:45
Maaf saya telat saya mau mengajukan untuk tempat yg lesehan masih ada tempat enggak ya? Soalnya kemarin2 saya jualan bakso disitu boleh masuk saya masih tenang,nggak tah kalau bakalan nggak boleh masuk makanya saya punya pikiran Mau jualan tahu bakso aja... Tp nggak tau mau bayarnya dimana dan harga berapa...mohon infonya   Selamat pagi Bapak Guntoro, silakan menghubungi Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang.  Terima kasih. Admin

Tambahkan Komentar