Pembangunan Pasar Kaliangkrik Ditargetkan Selesai Akhir 2019

Dilihat 272 kali
Proses pembangunan Pasar Kaliangkrik masih tetap berlangsung dan diharapkan akhir tahun ini selesai.

BERITAMAGELANG.ID - Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang, Asfuri mengatakan, pada akhir 2019 Pasar Kaliangkrik diharapkan sudah mulai beroperasi.


"Dan pada tahun depan sudah bisa beroperasi," kata Asfuri saat dihubungi, Kamis (17/10).


Pembagian kios dan los akan diatur oleh Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang.


Terpisah, Camat Kaliangkrik R Anta Murpuji, mengatakan, saat ini Pasar Kaliangkrik yang baru masih dalam tahap pembangunan dan penyempurnaan bagian-bagian bangunan.


"Diharapkan akhir tahun pembangunan Pasar Kaliangkrik yang baru sudah selesai, dan pada tahun depan sudah bisa beroperasi," ucap Anta, Rabu (16/10), saat diwawancarai di ruang kerjanya.


Menurut Anta, dalam proses awal pembangunan Pasar Kaliangkrik sangat minim protes dari pedagang yang dipindahkan ke pasar sementara.


Pembangunan hampir dua tahun berbarengan dengan pembangunan Puskesmas Kaliangkrik dan Kantor Kecamatan Kaliangkrik.


Proses pemindahan pedagang berjalan lancar, awalnya pedagang sempat protes terkait jalan di sekitar pasar sementara becek saat hujan.


"Kemudian setelah dilaporkan ke Pak Bupati Magelang, jalan sekitar pasar sementara diaspal," papar Anta.


Selain itu, menurut Anta, lokasi pasar sementara dengan Pasar Kaliangkrik yang saat ini dibangun tidak terlalu jauh, sehingga proses transaksi jual beli tidak begitu banyak perubahan.


"Pembeli tetap mudah mencari pedagang di pasar sementara karena lokasinya dekat," imbuhnya. 


Pada belakang pasar terdapat lapangan dipergunakan untuk parkir bagi pembeli yang berbelanja di pasar sementara.


Pasar Kaliangkrik yang baru memiliki tiga lantai, di dalamnya termasuk area parkir selain los dan kios pedagang. Dan diutamakan pedagang lama yang menempati Pasar Kaliangkrik yang baru.


"Ada sekitar 1.400-an pedagang lama, yang nantinya akan diatur oleh Dinas Pasar Kabupaten Magelang terkait dengan pembagian los dan kios, dan diutamakan pedagang yang lama," pungkas Anta.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar