Meriahnya Parade Seni Budaya Kemerdekaan RI di Kabupaten Magelang

Dilihat 1266 kali

BERITAMAGELANG.ID - Ribuan warga Kabupaten Magelang turun ke jalan menyambut karnaval dalam rangka HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin (19/8) siang.


Pemukulan gong oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin mengawali kegiatan Parade Seni Budaya dengan tema 'SDM Unggul Indonesia Maju' itu.


"Ini merupakan penghormatan kepada jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan negeri tercinta ini," kata Zaenal.


Warga dari berbagai penjuru sejak pagi telah berkerumun di tepi jalan raya Mungkid Kabupaten Magelang. Mereka antusias menyaksikan karnaval yang diikuti 39 kelompok mulai dari siswa sekolah, SKPD, komunitas dan elemen lainnya.


Rangkaian perayaan HUT ke-74 RI ini pun semakin meriah dengan penampilan kesenian tradisional khas Kabupaten Magelang, soreng. Puluhan penari keprajuritan Jawa itu sebelumnya telah tampil di prosesi upacara detik detik Proklamasi di Istana Negara Jakarta. 


Kemudian disusul barisan Paskibra, mobil hias, serta berbagai kelompok yang berpenampilan unik dan menarik penuh warna warni.


"Hendaknya, kegiatan ini menjadi semangat kita untuk menjaga perdamaian. Dengan kondusivitas itu, maka pembangunan akan tercapai," papar Zaenal.


Karnaval ini menempuh jarak sekitar 4 km, dari titik start di Desa Deyangan hingga berakhir di Lapangan drh. Soepardi Mungkid. 


Kepada tamu yang hadir yakni sejumlah tokoh masyarakat dan Forkompimda Kabupaten Magelang, para peserta beraksi dengan penuh semangat. Setiap atraksi itu pun menjadi daya tarik bagi masyarakat.


Indah, salah satu warga asal Desa Kembanglimus Kecamatan Borobudur mengaku sengaja datang bersama keluarga untuk menyaksikan karnaval ini.


"Menarik sekali, saya datang bersama suami untuk 'nyenengke' atau membuat bahagia anak-anak karena pesertanya pawai beraneka ragam," ujarnya.


Menurut Indah, parade budaya kemerdekaan ini sayang untuk dilewatkan. 


"Saya sengaja datang lebih awal agar tidak ketinggalan, karena jalan pasti macet dan penuh," kata dia.


Selain seni budaya, sejumlah potensi produk dan wisata yang ada di Kabupaten Magelang juga turut dipamerkan dalam karnaval ini. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar