Paguyuban Radio Komunikasi Rekawieshesha Laksanakan Bansos Air Bersih

Dilihat 79 kali
AIR BERSIH. Anggota Paguyuban Radio Komunikasi Rekawieshesha saat membagikan air bersih kepada warga di Kecamatan Mertoyudan dan Mungkid.

BERITAMAGELANG.ID - Paguyuban Radio Komunikasi Rekawieshesha, Frekwensi 149.560 MHz Kabupaten Magelang, laksanakan bansos air bersih, Senin (14/9/2020), kegiatan tersebut dilaksanakan di desa-desa wilayah Kecamatan Mertoyudan dan Mungkid.


"Sudah satu minggu terakhir ini beberapa wilayah di Kecamatan Mertoyudan dan Kecamatan Mungkid mengalami kekurangan air di antaranya Desa Bondowoso, Dusun Kawungon, Giyasan, Pedak di Desa Bumirejo," ucap Ketua Paguyuban, Agus Mulyono.


Secara teknis anggota paguyuban Radio Komunikasi Rekawieshesha menyalurkan air bersih dari mobil yang diberi tangki tandon dengan kapasitas 1000 liter, untuk disalurkan ke ember-ember penampung milik warga yang sudah berjejer di tepi jalan kampung.


Masyarakat sangat antusias sehingga berulang kali rela bolak-balik mengangkut air dengan ember penampung air dari titik kumpul ke rumah warga. "Sumber air sengaja mengambil dari Mata Air Kali Gending yang jernih dan jarakpun sangat dekat. Kegiatan ini sering kami Laksanakan saat musim kemarau ketika warga kesulitan air bersih," terang Agus.


Paguyuban ini di samping melakukan bansos air bersih, juga bansos pembagian sembako ke masyarakat yang membutuhkan. Bansos pembagian sembako di lakukan sebulan sekali dengan memprioritaskan orang-orang jompo yang sudah tidak produktif.


"Dan bansos ini hanya diperuntukkan untuk keperluan air bersih sehari-hari rumah tangga, bukan untuk produksi atau usaha rumahan," terang Agus.


Tokoh masyarakat Dusun Kawungon, Maryatin, menuturkan, sangat tertolong adanya bansos air bersih ini. Karena di musim kemarau ini kedalaman air sumur bisa mencapai 28 meter lebih.


"Kami ucapkan terimakasih kepada Paguyuban Radio Komunikasi Rekawieshesha, yang telah melaksanakan bansos air bersih ini, sehingga warga menjadi terbantu," tutur Maryatin.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar