Operasi Tertib Masker, Masih Banyak Warga Melanggar

Dilihat 1512 kali
BERITAMAGELANG.ID - Forkopimcam Mungkid menggelar operasi wajib pakai masker di seputaran Lapangan drh Soepardi Kota Mungkid, Selasa (23/6/2020). Saat operasi digelar, petugas masih menemukan banyak orang yang belum tertib mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Camat Mungkid, R Anta Murpuji mengatakan operasi wajib masker ini merupakan edukasi bagi masyarakat untuk memutus penyebaran mata rantai covid-19.

"Penggunaan masker di luar rumah saat ini hukumnya adalah wajib. Itu merupakan bagian untuk memutus penyebaran covid-19," tutur Anta di sela giat operasi wajib masker.

Bagi masyarakat yang tidak mengenakan masker, mendapat teguran dan pembinaan. Kemudian dilanjutkan dengan pendataan dan pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan thermogun oleh petugas dari Puskesmas setempat.

Masyarakat selanjutnya disarankan membeli masker yang tersedia atau dijual di seputaran Lapangan drh. Soepardi.

Diketahui, baru selama 40 menit operasi digelar, petugas gabungan yang terdiri dari Polsek Mungkid, Satpol PP, Damkar, dan Koramil mendapati sebanyak 53 pelanggaran masyarakat yang tidak mengenakan masker, termasuk diantaranya beberapa ASN.

"Tiga diantaranya merupakan ASN. Melihat hasil ini tingkat kepatuhan masyarakat masih rendah dan perlu terus kita edukasi. Bagi ASN yang tidak mengenakan masker ini untuk sementara kita berikan teguran pembinaan. Tetapi apabila lain waktu kembali melakukannya maka akan kita sampaikan kepada atasannya," tegas Anta.

"Namun bagi masyarakat yang sudah patuh (mengenakan masker) dan sadar akan bahaya Covid-19 maka kita juga berikan hadiah atau kenang-kenangan berupa makanan ringan (wafer coklat)," imbuh Kapolsek Mungkid, AKP Mohammad Ahdi. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar