OPD Didorong Susun Laporan Keuangan Dengan Baik

Dilihat 1056 kali

BERITAMAGELANG.ID - Sebagai evaluasi perbaikan  laporan keuangan Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Magelang melaksanakan rapat penjelasan progres audit bersama Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jawa Tengah. Rapat tersebut juga dihadiri seluruh kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang secara virtual.


Bupati Magelang, Zaenal Arifin dalam arahannya menegaskan, Tim BPK telah memotret kondisi laporan pendahuluan yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang selama tiga minggu terakhir, dan menemukan beberapa catatan-catatan penting yang harus segera ditindaklanjuti. Para Kepala OPD juga diminta kooperatif dan bekerja sama membantu Tim BPK dalam menyajikan laporan keuangan secara transparan.


"Sekali lagi saya ingatkan bahwa kita sudah diingatkan oleh Tim BPK untuk segera disesuaikan dengan kondisi riil yang ada, karena sebetulnya perjalanan kas alur keuangan ini hanya berbicara tentang realita, bukan realita yang diada-adakan," tegas Zaenal saat rapat penjelasan progres audit LKPD Kabupaten Magelang Tahun 2020 dari Rumah Dinas Bupati Magelang, Selasa (23/2/2021).


Zaenal juga memerintahkan Sekretaris Daerah segera membuat tim khusus dalam menangani catatan-catatan penting yang harus segera ditindaklanjuti.


"Memang PR nya besar sekali, dan ini menjadi tugas dari BPPKAD. Namun BPPKAD tidak akan bisa bekerja kalau di OPD masing-masing tidak memberikan input-input data secara baik," pesannya.


Ketua Tim Pemeriksa BPK Provinsi Jawa Tengah, M Hilmy Rahman menyampaikan, untuk pemeriksaan pendahuluan yang telah dilakukan dalam tiga minggu terakhir, pihaknya belum menyerahkan temuan apapun. Namun mengomunikasikan hal-hal yang perlu menjadi perhatian atau segera untuk ditindaklanjuti. 


Dalam rapat tersebut, M. Hilmy mengharapkan diantaranya agar segera dilakukan rekonsiliasi terkait dengan laporan Kas BOS. Selain itu pihaknya juga masih mencatat adanya beberapa rekening yang seharusnya sudah ditutup karena sudah tidak aktif lagi. 


"Harapan kami dari Kepala OPD sebagai atasan, pengawasan kepada bendahara ini juga harus lebih ditingkatkan. Selain itu ketertiban pencatatan laporan juga harus ditingkatkan lagi," ungkap M. Hilmy.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar