Objek Wisata Magelang Sering Dijadikan Setting Film

Dilihat 1597 kali
DTW Negeri Kahyangan di Wonolelo Sawangan menjadi salah satu lokasi shooting film di wilayah Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Beberapa daya tarik wisata di wilayah Kabupaten Magelang, sering dijadikan lokasi shooting film. Dipilihnya objek-objek wisata itu diharapkan membawa dampak yang signifikan agar wisata di Kabupaten Magelang lebih dikenal oleh masyarakat di penjuru Indonesia dan luar negeri.


"Seperti dulu ada shooting film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) mengambil lokasi di Gereja Ayam dan Puthuk Setumbu. Kedua lokasi itu kini banyak dikunjungi wisatawan. Kita berharap kesuksesan yang sama akan terulang," ujar Direktur Utama Ketep Pass, Mul Budi Santoso yang dihubungi Jumat (24/6/2022).


Bodrek, panggilan akrabnya menjelaskan, tiga judul film yang shooting di Magelang adalah Mayflies dengan bintang utama Dyon Wiyoko dan Fabby Rastanty. Film ini mengambil lokasi shooting di Dusun cantik Krangean Ngablak, Cerita Kita Cafe dan Eatery, Sunsetfalls Resort Ngablak dan sekitarnya.


Kemudian film Gamophobia, mengambil lokasi shooting di Omah Kembang Ngablak, Negeri Kahyangan Wonolelo Sawangan, Ketep Pass dan sekitarnya. Bintang filmnya Mark Idol dan Marsha Juan.


Film selanjutnya berjudul  Kereta, dengan bintang film Agniny Haqua (KKN Di Desa Penari) dan Bio One. Film ini mengambil lokasi shooting di Nalendro Cafe Borobudur, RS Merah Putih dan sekitarnya.


Selain di lokasi-lokasi tersebut, pengambilan gambar juga ada di Untidar, candi Mendut, TWC, Kantor Kecamatan Borobudur, dan beberapa lokasi lainnya.


Bodrek mengungkapkan, sebenarnya shooting film yang akan ditayangkan secara nasional dan luar negeri itu, akan diproduksi di Yogyakarta. 


“Namun kemudian kami bersama Forum DTW Kabupaten Magelang melakukan komunikasi dengan pihak rumah produksi, dalam hal ini Satria Picture agar produksi dialihkan ke Kabupaten Magelang," ujar Bodrek yang juga pegiat wisata di Kabupaten Magelang.


Saat itu, imbuhnya, pihak PH menanyakan apa keunggulan di wilayah Kabupaten Magelang. 


“Maka kami berikan beberapa argumen titik lokasi yang bagus untuk lokasi shooting, ditambah ada magnet candi Borobudur dan banyaknya DTW yang menjadi penyangga yang terkenal dengan keindahan dan keeksotisannya, adat istiadat yang beragam dan luar biasa," kata Bodrek.


Terlebih lagi, Bupati Magelang dan istri, Tanti Zaenal Arifin, sangat menssuport dengan memberikan penginapan gratis kepada kru, sehingga bisa mengurangi biaya produksi PH. Demikian juga dengan beberapa objek seperti Omah Kembang dan Cerita Kita juga memberikan penginapan gratis. 


“Mereka kemudian menyambut baik dan dengan tangan terbuka dan akhirnya memilih Kabupaten Magelang sebagai lokasi shooting," paparnya.


Diharapkan, dengan penayangan film-film tersebut, makan akan bisa  mengangkat promosi wisata, kuliner dan budaya di wilayah ini. Juga bisa menumbuhkan geliat wisata yang luar biasa. 


“Magelang akan semakin dikenal baik dari dalam maupun luar negeri dan mereka akan berbondong-bondong ke sini," ucap Bodrek.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar