Nepal Van Java Tutup Selama Libur Lebaran

Dilihat 1635 kali
Nepal Van Java

BERITAMAGELANG.ID - Momen hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, pendakian gunung Sumbing "Symphony Sumbing" dan wisata "Nepal Van Java" di Dusun Butuh Desa Temanggung Kaliangkrik Kabupaten Magelang, sementara ditutup. Penutupan selama satu minggu sejak 10 hingga 16 Mei 2021. Hal itu dilakukan agar warga setempat dapat merayakan Idul Fitri sebagaimana biasa, tanpa terganggu dengan kegiatan wisata.


Kadus Butuh, Lilik Setyawan yang dihubungi Senin (3/5/2021) menjelaskan, penutupan itu berdasarkan musyawarah Pemerintah Dusun Butuh dengan pengelola pendakian gunung Sumbing 'Symphoni Sumbing" dan pengelola wisata Nepal van Java Kecamatan Kaliangkrik.


Pertimbangan dari penutupan itu, agar warga setempat bisa merayakan adat Idul Fitri sebagaimana mestinya orang desa selama ini.


"Jadi agar adat Idul Fitri yang biasa dilakukan oleh warga setempat tidak terganggu dengan aktivitas wisata. Sehingga kami putuskan untuk ditutup selama sepekan dan dibuka lagi pada H+3 lebaran," ujar Lilik.


Ia mengakui, keputusan ini memang ada pro dan kontranya. Namun sebagai pengelola wisata sekaligus kepala dusun setempat, ia memiliki kewajiban agar adat istiadat dan tradisi warga tidak tergeser.


"Saat lebaran, warga setempat memiliki adat silaturahmi atau mengunjungi kepada orang-orang yang lebih tua untuk meminta maaf. Jadi jangan sampai anak-anak atau generasi lebih mementingkan wisata daripada silaturahmi," ujar Lilik.


Di Dusun Butuh ada sekitar 500 KK. Warga selalu melakukan silaturahmi baik di dusun setempat maupun dusun atau desa tetangga. Biasanya dibutuhkan waktu tiga hari untuk bersilaturahmi ini. Demikian juga ada warga luar yang silaturahmi ke Butuh.


"Kita harus menghormati saudara yang datang, jangan malah ditinggal stand by wisata," imbuhnya.


Sejak Nepal Van Java ini viral, rata-rata kunjungan wisata bisa mencapai 2 ribu wisatawan per minggunya. Sedangkan selama bulan puasa ini, kunjungan turun hanya 250 orang/minggu.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar