Musrenbang Dukun Usulkan Pengembangan Wisata Gununggono

Dilihat 1986 kali

BERITAMAGELANG.ID - Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang dilaksanakan pada Senin (27/1) yang memiliki visi mewujudkan Kecamatan Dukun yang Wareg, Waras, Wasis dan Wutuh.


Kepala Bappeda Litbangda Sugiyono yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan Musrenbang merupakan forum keputusan tertinggi tingkat kecamatan. 


“Musrenbang merupakan tahapan perencanaan pembangunan di Kabupaten Magelang pada tahun 2021, sesuai dengan Undang-undang No.25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional yang mencakup landasan hukum di bidang perencanaan pembangunan baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” jelasnya.


Lanjut Sugiyono, Musrenbang juga menjadi forum untuk mengawal agar rencana kerja dapat masuk ke APBD dan menjadi terlaksana.


“Adanya usulan puskesmas rawat inap di Kecamatan Dukun untuk meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan,” paparnya. 


Selain itu, Membangun atau merenovasi PAUD menjadi tanggung jawab desa dengan memanfaatkan dana desa, Rumah tak layak huni yang tepat sasaran. 


“Mengusulkan potensi wisata di Kecamatan Dukun dan semua usulan kegiatan harus memperhatikan kondisi daerah di Kecamatan Dukun yang rawan akan bencana,” pesannya. 


Amin Sudrajat selaku Camat Dukun memiliki beberapa program kerja yang diharapkan dapat terlaksana di Kecamatan Dukun diantaranya adalah mengembangkan wisata Gununggono di Desa Banyubiru, usulan pembuatan jalan dan bendungan, usul tentang jalan usaha tani, diharapkan setiap Desa di Kecamatan Dukun memiliki kegiatan program penanggulangan kemiskinan agar nantinya dapat diprioritaskan oleh pemerintah kabupaten.


“Kami berharap di setiap desa memiliki jamban sehat mandiri agar dapat menggerakan masyarakat untuk tidak buang air besar sembarangan karena apabila pembuangan tinja tidak memenuhi syarat akan berpengaruh terhadap kesehatan lingkungan,” ujarnya. 


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar