Musrenbang Digelar Besok, Aspirasi dan Masukan dari Masyarakat Sangat Diharapkan

Dilihat 1556 kali
Forum rumpun pemerintahan, sosial dan budaya di ruang Cemerlang Setda Magelang dilaksanakan pada Februari 2018

BERITAMAGELANG.ID - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Magelang Tahun 2019 merupakan salah satu tahap dari serangkaian proses perencanaan pembangunan yang diselenggarakan oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Magelang untuk merencanakan pembangunan di tahun 2019. 


"Penyusunan RKPD Kabupaten Magelang Tahun 2019 melalui proses inventarisasi, klasifikasi, sinkronisasi, dan seleksi usulan program/kegiatan yang terpadu dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) dengan beberapa tahapan Musrenbang Desa (Juli 2017), Musrenbang Kelurahan (Januari 2018), Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD (9 Januari 2019), Musrenbang Kecamatan (23-25 Januari 2018), Rapat Teknis (30 Januari-1 Februari 2018), Forum SKPD (7-14 Februari 2018), Forum Rumpun SKPD (19-21 Februari 2018), dan Verifikasi Rancangan Renja SKPD (22-24 Februari 2018)," demikian disampaikan Sugiyono, Kepala Bappeda & Litbangda Kabupaten Magelang, melalui keterangan rilis yang diterima BeritaMagelang.id, Senin (05/03).


Keseluruhan proses ini, lanjut Sugiyono, memerlukan koordinasi antar satuan kerja dan partisipasi aktif seluruh pelaku pembangunan. Kreativitas dan inovasi di dalam perencanaan perlu dikembangkan agar apa yang dicita-citakan Kabupaten Magelang sebagaimana tercantum dalam Visi dan Misi Magelang 'Terwujudnya Kabupaten Magelang yang Semakin Semanah (Sejahtera, Maju dan Amanah)' dapat segera terealisasi.


"Musrenbang ini adalah sarana musyawarah stakeholder Kabupaten untuk mematangkan rancangan RKPD Tahun 2019 berdasarkan rancangan Renja-SKPD, sedangkan tujuannya adalah mendapatkan masukan untuk penyempurnaan rancangan RKPD yang memuat prioritas pembangunan daerah dan pagu indikatif pendanaan berdasarkan urusan SKPD," sambungnya.


Musrenbang akan diselenggarakan pada Rabu dan Kamis, 7 dan 8 Maret 2018 di GOR Gemilang Setda Magelang. Selanjutnya pada 8 Maret 2018 akan dilaksanakan Sidang Komisi Ekonomi dan Sumber Daya Alam di Ruang Cemerlang; Sidang Komisi Tata Ruang, Pengembangan Wilayah dan Infrastruktur di Ruang Bina Praja, Sidang Komisi Pemerintahan, Sosial dan Budaya di Ruang Bina Karya dan dilanjutkan penutupan Musrenbang di Ruang Bina Karya.


Musrenbang akan dihadiri ratusan peserta, yakni dari unsur Forkopimda, DPRD, Sekretaris Daerah, para Asisten, para Staf Ahli Bupati, SKPD, Bappeda Provinsi Jawa Tengah dan Bappeda Kabupaten/Kota tetangga, instansi vertikal, perguruan tinggi, Ormas, Organisasi Profesi, LSM, maupun organisasi masyarakat dan delegasi kecamatan dengan total undangan sebanyak 222 orang. 


"Melalui Musrenbang ini diharapkan bisa menyerap masukan dan aspirasi masyarakat guna penyempurnaan Rancangan RKPD yang selanjutnya akan menjadi Rancangan Akhir RKPD Kabupaten Magelang Tahun 2019," pungkas Sugiyono.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar