Mul Budi Santoso Ketua Pengcab Paralayang Kabupaten Magelang

Dilihat 2537 kali
Mul Budi Santoso

BERITAMAGELANG.ID - Mul Budi Santoso, secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Paralayang Kabupaten Magelang, periode 2020-2025. 


Pria berkacamata yang juga Direktur Ketep Pass ini, terpilih dalam musyawarah yang digelar di Joglo Mbah Sidiq, di Desa Rambeanak, Kecamatan Mungkid, Jumat (30/10/2020). 


Pria yang pernah duduk sebagai anggota DPRD Kabupaten Magelang dua periode itu, dikenal aktif berkegiatan paralayang di Gunung Telomoyo Kecamatan Ngablak. 


Menurutnya hal ini adalah sebuah amanah dan tanggung jawab yang tidak ringan. Apalagi, paralayang merupakan salah satu olahraga baru di Kabupaten Magelang. 


“Selama dua tahun ini, saya dan teman-teman memang sudah mulai mengenalkan paralayang di Gunung Telomoyo. Salah satu tujuannya, untuk mendongkrak dan tentu semakin mengenalkan dunia kepariwisataan di sana,” kata Mul Budi Santoso yang akrab dipanggil 'Bodrek' itu.


Setelah terpilih, pihaknya akan segera melengkapi kepengurusan Pengcab Paralayang dan mendaftarkannya ke KONI Kabupaten Magelang dan KONI Propinsi Jawa Tengah. 


“Sebagai salah satu pemerhati wisata dan paralayang, saya akan mendorong Pengprov Paralayang Jateng, agar Kabupaten Magelang segera dibentuk Pengcab Paralayang. Salah satunya, karena di wilayah ini memiliki potensi, baik dari sisi pembinaan atlet dan pengembangan wisata olahraga udara (Paralayang)," ungkapnya.


Pihaknya juga berharap, selama lima tahun ke depan, kepengurusan cabang Paralayang Kabupaten Magelang ini, dapat menjadi pondasi untuk mempersiapkan generasi muda penggemar dan pegiat aerosport ini guna melanjutkan kepengurusan periode selanjutnya.


Kabupaten Magelang dari segi alam sangat banyak sekali yang bisa kita siapkan menjadi tempat latihan dan pembinaan atlet serta pengembangan wisata udara 

paralayang. 


“Selain di Gunung Telomoyo yang sudah juga sering digunakan untuk kejuaraan Gantole tingkat internasional. Ada juga di lereng perbukitan Menoreh, Gunung Sumbing dan Merbabu di sekitar Ketep Pass. Selanjutnya, beberapa tempat ini akan kami kembangkan sebagai tempat wisata olahraga udara paralayang," lanjutnya.


Ketua KONI Kabupaten Magelang, Karjanto Wigjowidodo, mengapresiasi dan menyambut baik kehadiran olahraga paralayang di Kabupaten Magelang. Selanjutnya, pihaknya berharap kepengurusan segera dilengkapi dan didaftarkan ke KONI. 


“Kami menyambut baik keberadaan olahraga dan kepengurusan paralayang ini. Meski baru,  diharapkan mampu mencetak atlet-atlet yang mampu mengharumkan nama daerah di kancah nasional maupun internasional," katanya.


Hal senada disampaikan Ketua Pesona Magelang, Syahrodin. 


“Hadirnya wisata paralayang di Kabupaten Magelang ini, semoga akan menjadi atraksi wisata alternatif, sehingga brand wisata Magelang akan semakin terangkat," harapnya.


Dalam musyawarah itu, dihadiri Kepala Bidang Olahraga Disparpora, Subiantoro, Kabid Destinasi Disparpora, Nur Supindahwati dan sejumlah atlet serta puluhan pemerhati paralayang di wilayah Kabupaten Magelang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar