MTs Muhammadiyah Bumirejo Juara Lomba Madrasah Sehat

Dilihat 451 kali

BERITAMAGELANG.ID - Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Bumirejo, Kecamatan Mungkid meraih juara pertama dalam lomba Madrasah Sehat kategori MTs swasta tingkat Kabupaten Magelang beberapa waktu lalu. 


Tim penilai dari Kementerian Agama Kabupaten Magelang, Eko Prasetyo mengungkapkan aspek penilaian meliputi kebersihan dan kerapihan ruangan serta kelengkapan fasilitas, seperti ruang guru, kelas, perpustakaan dan kamar mandi. 


"Kemudian juga tempat ibadah, kantin, sanitasi air, tanaman pelindung serta fasilitas unit kesehatan," kata Eko Prasetyo.


Lanjutnya, lomba ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia ke- 74.


Kepala MTs Muhammadiyah Bumirejo Muhammad Abdurrahman menjelaskan, selama ini sudah ada program rutin yang mendukung terwujudnya lingkungan serta pola hidup sehat. 


"Ada program Jumat bersih yakni seluruh guru dan murid setiap hari Jumat melakukan aktivitas kerja bakti membersihkan lingkungan dan juga Jumat sehat yakni adanya rutinitas aktivitas olahraga,"  kata Abdurrahman di kantornya, Selasa (11/ 2/ 2020). 


Madrasah yang berdiri pada 1995 ini senantiasa berusaha menanamkan karakter dan juga pola hidup yang Islami khususnya terkait menjaga kebersihan lingkungan.


Muhammad Abdurrahman menambahkan, dengan dukungan masyarakat sekitar dan juga komite,  diharapkan setiap program yang dijalankan oleh madrasah khususnya dalam rangka mewujudkan lingkungan yang sehat dapat berhasil. Pihak madrasah akan terus berusaha melengkapi dan menambah berbagai fasilitas. 


Sebelumnya MTs Muhammadiyah Bumirejo juga meraih juara pertama pada lomba madrasah sehat tingkat eks Kawedanan Muntilan kategori MTs swasta. 


Selain itu juga juara pertama kategori MTs pada lomba madrasah/ sekolah sehat yang diselenggarakan Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Magelang. 


"Kami bersyukur atas prestasi ini, tentu hal ini bukan merupakan tujuan akhir, bagi MTs Muhammadiyah Bumirejo ini adalah momentum awal untuk benar-benar mampu mewujudkan lingkungan madrasah yang sehat secara berkelanjutan sekaligus juga pembentukan karakter dan perilaku hidup sehat," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar