Momen PPKM, Pengelola Nepal Van Java Tambah Fasilitas

Dilihat 393 kali
Dipercantik, Nepal Van Java di lereng Gunung Sumbing Kabupaten Magelang
BERITAMAGELANG.ID - Momentum  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di Kabupaten Magelang dimanfaatkan pengelola destinasi wisata Nepal Van Java menambah fasilitas dan pengembangan taman.

Destinasi wisata Nepal Van Java berada di lereng Gunung Sumbing, tepatnya di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. 

Semenjak wilayah Kabupaten Magelang zona merah, seluruh destinasi wisata di Kabupaten Magelang ditutup sementara, termasuk Nepal Van Java. Kemudian ada PPKM darurat dan sekarang dilanjutkan PPKM level 3 di Kabupaten Magelang, destinasi wisata Nepal Van Java juga masih ditutup sementara.

Kepala Dusun Butuh, Lilik Setiyawan mengatakan, penutupan saat PPKM ini dimanfaatkan untuk melakukan pembenahan dan penertiban fasilitas yang ada. Hal ini seperti melakukan penambahan fasilitas tempat sampah, pengembangan taman dan lainnya.

"Pengembangan di Taman Depok yaitu pemasangan Gunungan Wayang dan tulisan aksara Jawa Dusun Butuh dengan tujuan untuk lebih menonjolkan sisi identitas budaya Jawa," kata Lilik, Kamis (29/7/2021).

Ia menambahkan, selain itu, pembenahan dilakukan untuk menambah daya tarik. Karena keberadaan destinasi wisata Nepal Van Java bukan hanya pemandangan, namun juga akan menampilkan sisi budaya. Nantinya jika situasinya sudah membaik dan diberikan izin akan ditampilkan kesenian asli Dusun Butuh untuk menghibur wisatawan.

"Sambil menunggu keadaan membaik dan tentunya perizinan kami akan menampilkan juga kesenian yang ada di Dusun Butuh yaitu Dayakan, Kuda lumping, Jathilan, Kubro siswo dan Topeng Ireng sebagai suguhan untuk wisatawan di setiap bulan," tuturnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar