Mertoyudan Kembali Tambah Tiga Pasien Positif Covid-19

Dilihat 2129 kali
ilustrasi foto kompas.com

BERITAMAGELANG.ID - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 Kabupaten Magelang, Kamis (20/8/2020) bertambah lagi. Kali ini bertambah empat orang. Tiga diantaranya dari Kecamatan Mertoyudan dan satunya merupakan alih status dari Pasien Dalam Pengawasan (PDP) warga Kecamatan Windusari. Meski demikian, hari ini ada dua pasien positif asal Mertoyudan yang sembuh.


Untuk tambahan pasien positif hari ini, tiga diantaranya karena kontak erat dengan pasien positif sebelumnya. Meliputi laki-laki usia 25 tahun, perempuan usia 29 tahun dan perempuan usia 19 tahun. "Ketiganya merupakan warga Kecamatan Mertoyudan. Untuk tambahan satu pasien positif asal Windusari, merupakan laki-laki usia 62 tahun. Hasil swabnya positif tertanggal 19 Agustus di RSUD Tidar," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Sementara untuk dua pasien positif yang sembuh, kata Nanda, salah satunya perempuan berusia 28 tahun. Sebelumnya ia pernah melakukan perjalanan dari Jakarta. "Untuk satunya, laki-laki 48 tahun. Ia adalah pelaku perjalanan. Sebelumnya ia dinyatakan positif berdasarkan swab tanggal 5 Agustus kemarin. Dengan tambahan empat dan sembuh dua itu, jumlah kumulatifnya menjadi 226 orang. Rinciannya 16 dirawat, 26 menjalani isolasi mandiri, 177 sembuh dan tujuh meninggal," lanjutnya.


Untuk PDP, hari ini ada satu meninggal. Yakni seorang laki-laki berasal dari Kecamatan Muntilan. Sebelumnya, ia bekerja sebagai pedagang di Pasar Muntilan. Selain itu, hari ini juga ada dua tambahan PDP, keduanya dari Kecamatan Muntilan. Meski demikian, ada satu PDP yang sembuh, berasal dari Kecamatan Pakis. "Dengan tambahan baru, meninggal dan sembuh itu, jumlah kumulatifnya menjadi 431 orang. Rinciannya, 9 dirawat, 369 sembuh dan 53 meninggal. Untuk orang dalam pemantauan (ODP), hari ini tinggal delapan orang yang dipantau," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju adaptasi kebiasaan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar