Mertoyudan Kembali Tambah Satu Pasien Covid-19

Dilihat 1605 kali

BERITAMAGELANG.ID - Pasien positif covid-19 di Kabupaten Magelang, Sabtu (22/8/2020), bertambah satu orang warga Kecamatan Mertoyudan. Ia adalah seorang perempuan, usia 29 tahun. Sebelumnya, ia melakukan perjalanan keluar kota. Saat ini, ia memilih menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari petugas gugus tugas kabupaten, satgas kecamatan dan desa.


Selain itu, hari ini juga ada satu PDP meninggal. Ia adalah warga Kecamatan Mungkid. PDP meninggal itu adalah seorang laki-laki, usia 66 tahun. Ia masuk ke RSUD Tidar tanggal 22 Agustus pukul 01.00 dan meninggal pukul 07.25 WIB. Hasil rapid test reaktif, namun hasil swabnya belum keluar.


Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan, untuk jumlah pasien positif yang dirawat di rumah sakit sampai saat ini, ada 16 orang. Sedang yang menjalani isolasi mandiri ada 27 orang. "Untuk yang sembuh ada 177 orang dan yang meninggal ada tujuh orang. Jumlah kumulatifnya ada 237 orang," katanya.


Sedang untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), kata Nanda, hari ini ada tambahan 10 baru. Tiga diantaranya berasal dari Kecamatan Mertoyudan, dua dari Kecamatan Mungkid dan masing-masing satu orang dari Kecamatan Muntilan, Grabag, Secang, Salaman dan Tempuran. Meski demikian, hari ini ada satu PDP yang sembuh. Ia adalah warga Kecamatan Srumbung. "Dengan adanya tambah 10, satu sembuh dan satu alih status meninggal itu, jumlah kumulatifnya menjadi 443 orang. Rinciannya, 18 dirawat, 370 sembuh dan 55 meninggal. Sementara untuk orang dalam pemantauan (ODP), masih ada enam yang dipantau," lanjutnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju adaptasi kebiasaan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar