Asean School Games Ditutup di Borobudur, Indonesia Juara Umum

Dilihat 285 kali
Gubernur Jawa Tengah menutup ASEAN School Games 2019 di Taman Lumbini Candi Borobudur Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Dengan total raihan 102 medali, Indonesia memastikan diri menjadi Juara Umum Asean School Games (ASG) 2019 setelah menyabet 43 medali emas, 34 medali perak, dan 25 medali perunggu. Disusul posisi kedua Thailand dan ketiga Malaysia.


Pesta olahraga pelajar terbesar se Asia Tenggara yang dimulai sejak 17 Juli itu secara resmi ditutup, Rabu (24/7). Prosesi penutupan berlangsung meriah di Taman Lumbini Candi Borobudur Kabupaten Magelang.


Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, secara langsung menutup perhelatan akbar tersebut.


Secara khusus Ganjar menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta, panitia,dan relawan atas partisipasi mereka di event ini.


"Selamat kepada seluruh pemenang. Segala peluh keringat, waktu, serta dedikasi yang telah diberikan kini terbayar sudah. Bagi yang kalah, ingat bahwa yang terkuat bukanlah yang selalu menang. Tapi yang terkuat adalah yang tak pernah menyerah saat mereka kalah," kata Ganjar.


Gubernur berharap agar kebersamaan dan persahabatan yang telah terjalin tidak turut usai seiring dengan berakhirnya event ini.


"ASEAN School Games 2019 mungkin berakhir hari ini, tapi kebersamaan dan persahabatan akan terus terjalin. Semoga semua kenangan menyenangkan tentang ASG 2019 di Semarang, Jawa Tengah, akan membawa kalian kembali ke sini dan kita akan bertemu lagi," tambah Ganjar.


Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga, Asrorun Niam, mewakili Menteri Pemuda Olahraga Imam Nahrawi pada penutupan siang itu mengungkapkan bahwa olahraga menjadi alat strategis dalam meningkatkan hubungan antar manusia terutama di generasi muda


"Selain kompetisi di bidang olahraga, yang tak kalah pentingnya adalah penanaman nilai-nilai solidaritas, persaudaraan, dan persahabatan bagi para atlet pelajar di ASEAN, dan secara lebih luas bagi anak-anak muda, " katanya.


ASEAN School Games adalah multi event olahraga tahunan untuk atlet pelajar sekolah menengah di negara-negara anggota ASEAN dan diselenggarakan di bawah wewenang ASSC. Sedangkan tuan rumah untuk ASG 2020 mendatang adalah Filipina.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar