Menteri BUMN Resmikan Balkondes Ngargogondo, The Gade Village

Dilihat 3678 kali
Menteri BUMN, Rini Soemarno bersama Camat Borobudur, Nanda Cahyadi saat meninjau dan meresmikan The Gade Village sebagai Balkondes ke 19 di Kecamatan Borobudur, Jawa Tengah, Kamis (13/09)

BERITAMAGELANG.ID - Menteri BUMN, Rini Soemarno, terus menggiatkan perekonomian pedesaan sejak 2016 di desa-desa wilayah Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dengan mendirikan Balai Ekonomi Desa (Balkondes). Balkondes tersebut dibangun atas bantuan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Satu lagi Balkondes telah diresmikan oleh Menteri BUMN, yakni The Gade Village, Desa Ngargogondo, Kamis (13/09). Namun, dari target 20 desa di Kecamatan Borobudur, masih ada satu desa yang belum mendapatkan bantuan Balkondes BUMN.

Desa yang dimaksud adalah Desa Giripurno karena belum ada lahan yang strategis dan layak untuk didirikan Balkondes, dengan segala persyaratannya termasuk akses jalan pendukung yang memadai. 

"Kalau tidak ada lahan, maka bantuan Balkondes akan kesulitan. Karena Balkondes merupakan komplek yang didirikan di atas lahan,  dimana keberadaan lahan dan akses jalan adalah syarat utama," ucap Menteri BUMN, Rini Soemarno, saat peresmian Balkondes Pegadaian Desa Ngargogondo, sebagai Balkondes ke 19.

Rini menjelaskan pengelolaan setiap Balkondes diserahkan kepada masing-masing desa karena sesuai dengan tujuan Balkondes sendiri untuk meningkatkan kesejahteraan desa melalui bidang pariwisata Borobudur.

"Kita hanya bisa membantu memfasilitasi bangunan Balkondes, untuk pengelolaan nantinya dikelola oleh desa," terang Rini. 

Rini menambahkan pada 18-19 September, 20 kamar pada 18 balkondes telah disewa untuk tamu pada kegiatan International Council of Women (ICW) yang diselenggarakan di Borobudur.

Diwawancarai terpisah, Camat Borobudur, Nanda Cahyadi menuturkan, pihaknya tetap akan mengusahakan 20 Balkondes berdiri di tiap desa.

"Tetap akan kami usahakan untuk mencari lahan yang tepat pada desa Giripurno yang belum terbangun Balkondes, tidak diganti dengan hal lain, tetap dibangun Balkondes. Maka dengan demikian setiap desa mempunyai andalan pariwisata," kata Nanda. (cha).

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar