Menparekraf Apresiasi Kerajinan Kayu Borobudur

Dilihat 1150 kali
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah Sinoeng Nugroho Rachmadi dan Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Indah Juanita di meninjau Kriya Rik Rok Borobudur Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Kunjungi Kriya Kayu Rik Rok di Desa Tingal Kulon, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno terinspirasi untuk memanfaatkan larangan mudik oleh Pemerintah menjadi salah satu upaya membangkitkan kembali ekonomi kreatif di masa pandemi.


Dia mengatakan, saat ini Kemenparekraf tengah mendorong program pengganti kehadiran fisik di kampung halaman diganti dengan mengirim produk-produk ekonomi kreatif. 


"Jadi sebagai gantinya, kehadiran kita bertemu dengan handai taulan, kita mengirimkan tanda mata dari produk-produk ekonomi kreatif,' kata Sandiaga di sela kunjungannya, Jumat (2/4/2021).


Lebih lanjut diungkapkan, Kemenparekraf memberi apresiasi kepada kerajinan kayu Rik Rok Borobudur ini karena memiliki aspek konservasi, ramah lingkungan, unik sebagai icon tourism dan memiliki kemampuan meningkatkan nilai tambah dari desa wisata. 


Menurut Sandi, hal itu sesuai dengan Program Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia dan Gernas Beli Kreatif yang digagas Kemenparekraf.


"Keberadaan produk ekonomi kreatif dan desa wisata sebagai program unggulan dan program andalan yang nantinya menghasilkan devisa," jelasnya.


Menparekraf menilai, selain produk kerajinan, dalam membentuk destinasi pariwisata super prioritas berkelanjutan juga dibutuhkan dukungan partisipasi masyarakat, serta pendidikan akademi pariwisata untuk generasi mudanya. Untuk itu sinergi antara Pemerintah dan pengelola desa wisata sangat dibutuhkan.


"Kita tidak bisa menghadirkan destinasi berkualitas kalau warganya Borobudur tidak ikut terlibat secara totalitas," terangnya.


Selain melihat potensi wisata wilayah Candi Borobudur, dalam kunjungan kerja kali ini Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama Kepala Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah Sinoeng Nugroho Rachmadi dan Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Indah Juanita menyempatkan diri bersilaturahmi dengan sejumlah pelaku pariwisata Kabupaten Magelang. 


Sementara itu, di lokasi yang sama Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah Sinoeng Nugroho Rachmadi menilai Kabupaten Magelang untuk kawasan Borobudur dan sekitarnya akan menjadi episentrum ekonomi kreatif yang nantinya akan menjadi simpul-simpul yang siap menjadi pilar pariwisata di masa depan.


Dalam konteks ini, lanjut Sinoeng, kolaborasi tidak hanya dengan komunitas, pegiat pariwisata, dan seniman saja namun juga dengan jejaring akademisi. 


"Artinya dalam potensi ini pentahelix yang berkonsep pengembangan pariwisata akan terus kita intensifkan dengan merujuk pada kreasi kreasi baru demi bangkitnya pariwisata," paparnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar