Menikmati Pesona Keindahan Magelang Dari Sisi Utara

Dilihat 1759 kali
Keindahan alam Embung Sekembang di Desa Pagergunung Ngablak dengan latar belakang Gunung Andong menjadi salah satu daya tarik wisata menarik di Kabupaten Magelang wilayah utara

BERITAMAGELANG.ID - Kabupaten Magelang terkenal memiliki pesona keindahan alam yang tersebar di segala penjuru, termasuk di wilayah Kabupaten Magelang sisi utara, yakni Kecamatan Ngablak dan Grabag.


Beberapa ikon destinasi wisata di kedua wilayah kecamatan tersebut adalah Kawasan Gunung Telomoyo, Gunung Andong, Air terjun Sumuran, Air Terjun Sekarlangit, Telaga Bleder, Embung Sekembang, Candi Umbul dan Jeep Telomoyo.


Pegiat Wisata Gunung Telomoyo, Mul Budi Santoso, mengatakan, potensi wisata di wilayah Kabupaten Magelang bagian utara cukup beragam, mulai dari objek pegunungan, air terjun, embung dan telaga.


"Unsur gunung dan unsur air dapat dinikmati di wilayah Magelang sisi utara ini, bisa dikatakan cukup lengkap karena ada yang alami dan buatan seperti embung, bahkan ada objek cagar budaya heritage yaitu Candi Umbul," ucap Mul Budi Santoso, yang gencar mempromosikan destinasi wisata Kabupaten Magelang bagian utara, Selasa (18/5/2021).


Gunung Telomoyo dan Gunung Andong


Dua ikon wisata alam yang sudah terkenal di kalangan pendaki, yaitu Gunung Telomoyo dan Gunung Andong. Kendati keduanya berjenis wisata alam, mereka mempunyai karakteristik yang berbeda, yaitu Gunung Telomoyo bisa menggunakan kendaraan Jeep Telomoyo hingga sampai puncak, sedangkan Gunung Andong murni untuk didaki secara manual jalan kaki.


"Pengunjung yang ingin naik Gunung Telomoyo untuk menikmati keindahan pemandangan dengan naik jeep bisa melakukan reservasi dari Dalangan, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Di sini tersedia 10 armada jeep yang tergabung dalam Telomoyo Jeep Explore dan dilakukan secara safety," terang Mul Budi, yang juga Direktur Ketep Pass ini.


Selain itu saat ini sudah ada spot baru di Gunung Telomoyo, yaitu Awang-awang Telomoyo, yang menyuguhkan pemandangan alam lembah Telomoyo. Pengunjung dapat melihat dari teras kaca sky deck view dan spot foto kaca, dipadukan dengan coffee corner. Adapun lokasinya di kilometer 4 sebelum puncak yang berjarak 7 kilometer, dari parkiran wisata Dusun Dalangan, Desa Pandeyan, Kecamatan Ngablak.


Air Terjun Sumuran dan Embung Sekembang


Tidak hanya itu objek wisata lainnya pun cukup menarik untuk dikunjungi, salah satunya Air Terjun Sumuran di Desa Seloprojo Kecamatan Ngablak. Airnya mengalir sepanjang tahun. Air mengalir dari ketinggian sekitar 40 meter. Spesialnya, Air Terjun Sumuran bersumber dari mata air, oleh karenanya, airnya selalu jernih dan mengalir terus menerus. Selain itu, jika suasana cerah bisa melihat keindahan Gunung Andong dan Telomoyo dari kejauhan.


"Akses jalan ke setiap destinasi wisata sudah bagus, sehingga pengunjung bisa dengan nyaman dan aman untuk menjelajahi semua obyek yang ada di Kecamatan Ngablak dan Grabag," ungkap Mul Budi.


Selain itu juga terdapat Embung Sekembang di Desa Pagergunung, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, yang searah dengan Air Terjun Sumuran. Total bangunan embung menggunakan lahan kas desa seluas 2,8 hektar. Saat ini lahan yang tersisa 2 hektar, kemudian embung terbentuk oval mampu menampung air sebanyak 14.000 meter kubik. Diperkirakan embung ini mampu mengairi lahan pertanian seluas 45 hektar.


Candi Umbul


Dan yang juga menarik adalah sebuah situs Candi Umbul bersejarah pemandian air hangat tempat pemandian putri raja masih dapat digunakan hingga kini, terletak di Dusun Candi Umbul, Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Magelang.


Sumber mata air panas di Candi Umbul tak pernah kering, bahkan saat musim kemarau. Air panas tetap mengairi kolam pemandian kuno yang tersembunyi di antara perbukitan dan lahan persawahan yang hijau.


"Air hangat ini bisa dikatakan menyehatkan, dan area Candi Umbul saat ini sudah dilengkapi dengan gazebo serta taman, untuk memanjakan pengunjung," tutur Mul Budi.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar