Menggeliatkan Kembali Sektor Ekonomi Kreatif Melalui Produksi Film Pendek

Dilihat 278 kali
Diskominfo Award Penganugerahan Video BUMDES Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID- Bupati Magelang diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Magelang, Asfuri menghadiri acara Diskominfo Award Penganugerahan Video BUMDES Kabupaten Magelang yang diadakan di Armada Town Square Hotel Magelang, Selasa (02/08/2022).

Bupati Magelang dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum, Asfuri, menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kominfo Kabupaten Magelang atas diselenggarakannya Diskominfo Award dalam produksi film pendek berupa Iklan Layanan Masyarakat (ILM) tentang cukai tembakau ini.

"Event ini menjadi salah satu momentum untuk dapat menggeliatkan kembali sektor ekonomi kreatif di Kabupaten Magelang, lebih-lebih, produksi film pendek ILM ini banyak membawa gagasan serta ide-ide yang akan disampaikan kepada masyarakat," kata Asfuri.

Asfuri menyampaikan Pembuatan film pendek tersebut diikuti oleh 99 Bumdes yang ada di Kabupaten Magelang dan diproduksi sejak tahun 2021 lalu dan tim BUMDes dapat terus berkarya sekaligus meningkatkan optimisme dan inovasi yang kreatif, sehingga akan membawa dampak sangat baik bagi Pemerintah Kabupaten Magelang.

"Saya mengajak kepada tim kreatif di masing-masing BUMDes yang masuk dalam nominasi pada hari ini, untuk bisa menjadi pionir, sekaligus motor penggerak dalam literasi cukai dan tembakau di Kabupaten Magelang," imbaunya.

Ia berharap melalui penganugrahan film pendek ILM yang di produksi oleh BUMDes tentang cukai dan tembakau ini dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas tentang ketentuan dan pengelolaan cukai tembakau, sekaligus sebagai media untuk menyampaikan pesan yang efektif sehingga dapat diterima masyarakat serta bisa meningkatkan literasi masyarakat umum, khususnya ketentuan tentang cukai dan tembakau.

Sementara Ketua Panitia Diskominfo Award Penganugerahan Video BUMDES Kabupaten Magelang, Musokip menyampaikan film pendek tentang informasi ketentuan di Bidang Cukai Tembakau yang disisipi dengan pesan-pesan ini merupakan sarana diseminasi informasi yang sangat menarik dan efektif sehingga informasi yang disampaikan bisa mudah dicerna oleh masyarakat.

"Media film semacam ini menjadi daya tarik yang memungkinkan seseorang berminat menonton dan secara tidak sadar telah terpapar informasi mengenai kebijakan-kebijakan pemerintah maupun hasil pembangunan," kata Musokip.

Sementara untuk para nominasi yang mendapatkan penghargaan pada acara Diskominfo Award Penganugerahan Video BUMDES Kabupaten Magelang antara lain nominasi Konten terbaik (judul Mafia Urban dari Bumdes Salaman Kecamatan Salaman), Sutradara terbaik (Selera Tinggi dari Bumdes Ringinputih Kecamatan Borobudur), Musik terbaik (Sahabat Lama dari Bumdes Bumiharjo Kecamatan Borobudur), Aktris terbaik (Dani sebagai Asih judul Sadar Rokok Ilegal dari Bumdes Tresangede Kecamatan Salam)

Kemudian nominasi Aktor terbaik (Anfek Febrinawan sebagai Darman judul film Tukang Ojek Pengkolan dari Bumdes Kalijoso Kecamatan Secang), Cinematographi terbaik (judul film Selera Tinggi dari Bumdes Ringinputih Kecamatan Borobudur), film favorit ( judul film Mafia Urban dari Bumdes Salaman Kecamatan Salaman), dan film terbaik (judul film Selera Tinggi dari Bumdes Ringinputih Kecamatan Borobudur).

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar