Ini Pesan Mendikbud Saat Mengisi Kuliah Umum di Magelang

Dilihat 1651 kali
Penandatanganan prasasti peresmian SMA Taruna oleh Mendikbud usai mengisi kuliah umum Muhammadiyah Expo 2018 di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (20/10)

BERITAMAGELANG.ID - Lembaga Pengembangan Cabang Ranting (LPCR) Muhammadiyah, pada Jumat (19/10) sampai Minggu (21/10) mengadakan Muhammadiyah Expo 2018. Pameran diselenggarakan di SMA Taruna Muhammadiyah Gunungpring, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah dan dikhususkan untuk cabang dan ranting se-Indonesia.

Dihari ke dua acara tersebut menghadirkan kuliah umum bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P.

''Ini luar biasa, saya senang sekali ada SMA Taruna di Gunungpring ini, dan ini saya minta kalau bisa menjadi model sekolah-sekolah Muhammadiyah, jadi perpaduan antara ketarunaan, keislaman dan keintelektualan," pinta Mendikbud.

Terkait sistem pendidikan, lebih lanjut Muhadjir Efendi mengatakan pemerintah saat ini akan melakukan sitem zonasi.

"Tidak boleh ada lagi sekolah yang hanya menerima siswa yang unggul dalam arti prestasi akademisnya yang unggul aja, semua siswa harus diterima secara merata, yang jadi ukuran jauh dekatnya (domisili siswa) dengan sekolah," jelasnya.

Lebih lanjut Mendikbud juga mengatakan sekolah yang tidak ikut dalam zonasi akan berbeda saat menerima bantuan dari pemerintah.

"Kecuali ada sekolah yang memang tidak mau bergabung didalam zona, misalnya kalau ada SMA Taruna Gunungpring ini menerima siswa dari luar zona maka dia boleh bebas dari zona tetapi memang nanti kemudian fasilitas yang diberikan oleh pemerintah akan beda dengan sekolah yang bergabung dengan zona jadi Muhammadiyah harus siap buat pilihan," tegasnya.

Sementara Plt. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Drs. Haryono, M.Pd. yang hadir mewakili Bupati Magelang, berharap acara lembaga pemberdayaan cabang dan ranting pendidikan Muhammadiyah Expo 2018 bisa menjadi tonggak dan momentum dalam membawa dan mengembangkan organisasi tersebut.

"Karena forum ini menjadi momentum penting selain dalam rangka untuk menguatkan jalinan silahturahmi dan komunikasi, juga kami memandang bahwa forum ini menjadi salah satu media penggerak dalam berdayakan organisasi Muhammadiyah hingga tingkat cabang atau ranting.

"Hal ini sepatutnya kami sampaikan karena Muhammadiyah merupakan salah satu mitra strategis bagi pemerintah daerah Kabupaten Magelang dan menjadi komponen penting yang harus selalu dilibatkan dalam pelaksaanaan program-program pembangunan," tandasnya.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti peresmian SMA Taruna oleh Mendikbud. 

Hadir dalam kegiatan tersebut dari PP Muhammadiyah Drs. H. Marpuji Ali, M.Si., Ketua PW Muhammadiyah Jateng Drs. H. Tafsir, M.Ag., Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Magelang H. Jumari, Ketua PC Muhammadiyah Muntilan Suratin Rahmat, Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Gunungpring Rohmad Abdul Ghani, dan Forkompimcam Muntilan.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar