Desa Banjarsari Dicanangkan Jadi Kampung KB

Dilihat 3467 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP. resmikan Kampung KB Dusun Banjaran Desa Banjarsari Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Jawa Tengah

BERITAMAGELANG.ID - Pemotongan pita dan pemukulan bende oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP. menandai peresmian Kampung KB dan Rumah Dataku di Dusun Banjaran Desa Banjarsari Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang, Sabtu (29/09).

"Usia produktif (manusia) itu berada di usia 25 sampai 55 tahun. Di Kabupaten Magelang 2030 nanti prediksi jumlah penduduk kita ada 1,5 juta (jiwa); usia produktifnya ada di angka 500 sampai 600 (jiwa). Usia produktif ini kalau tidak kita siapkan dengan baik, bisa menjadi bencana dan malapetaka buat kita bersama, maka kita siapkan generasi yang unggul untuk menyambut bonus demografi," demikian disampaikan Bupati dalam sambutannya.

Zaenal menambahkan, Negara kita tercinta akan mengalami Indonesia Emas pada 2045.

"Tahun 2045 itu adalah 100 tahun Indonesia merdeka. 100 tahun Indonesia merdeka itu generasi emas anak-anak kita, maka harus kita siapkan betul anak-anak kita untuk menjadi pemimpin-pemimpin di republik ini. Saya berdoa semoga dari Banjarsari ini lahir pemimpin besar untuk Indonesia yang kita cintai," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Banjasari Muhammad Ashuri mengatakan, sesuai Surat Edaran Bupati Magelang, pada 2019 Kabupaten Magelang harus sudah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF).

"Insya Allah dengan dicanangkannya Kampung KB di dusun Banjaran ini, terutama di Desa Banjasari akan ikut bebas buang air besar sembarangan. Dan untuk mengubah pola hidup sehat khususnya," kata Ashuri.

Ashuri memaparkan, jumlah penduduk di Dusun Banjaran ada 638 jiwa terdiri dari 331 laki-laki dan 307 perempuan.

"Jumlah balita 43, remaja 73, lansia 180 jiwa, sedangakan jumlah KK ada 130," lanjutnya.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan stand dan Rumah Dataku oleh Bupati Magelang didampingi Pj. Sekda Drs. Endra Endah Wacana, Ketua Tim Penggerak PKK Tanti Zaenal Arifin, Kabag Humas dan Protokol Purwanto, S.Sos., Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPKB PPPA) Retno Indriastuti, Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Iwan Sutiarso, S.Sos., M.Si., Kepala Dinas Perdagangan KOperasi dan UKM Drs. Asfuri, M.Si., Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Ir. Wijayanti, M.Si., Camat Grabag Labbaika Nugroho, S.STP., MM., perwakilan SKPD, jajaran Forkompicam Grabag dan kepala desa se-kecamatan Grabag.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar