Memaknai Idul Fitri di Tengah Pandemi Covid-19

Dilihat 219 kali
Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Magelang, Jumari

BERITAMAGELANG.ID - Idul Fitri 1441 H ini sangat istimewa, ada situasi yang berbeda dari perayaan tahun-tahun sebelumnya. Penetapan status darurat yang ditetapkan pemerintah masih berlaku akibat pandemi covid-19 yang belum mereda, bahkan masih ditemukan kasus positif baru. Pemerintah dan juga beberapa organisasi keagamaan termasuk Muhammadiyah telah membuat imbauan berupa edaran resmi terkait protokol yang harus dipatuhi dalam aktivitas kegiatan keseharian termasuk dalam hal ibadah.


Bagi yang taat pada protokol kesehatan maka sebenarnya hal ini merupakan kesempatan untuk menghayati secara mendalam ibadah Ramadan dan juga Idul Fitri.


"Ketaatan kepada protokol kesehatan merupakan perwujudan sikap rendah hati, kehidupan pribadinya akan lebih tertata dalam menghargai sesama," ujar Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Magelang, Jumari, Senin (25/5/2020).


Taat pada aturan termasuk dalam hal ini imbauan protokol kesehatan adalah perwujudan kesalehan sosial karena merupakan bentuk sikap mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi. Memanfaatkan kesempatan banyak di rumah bersama keluarga untuk proses muhasabah, mawas diri dan merencanakan masa depan agar lebih bermakna.


"Jadikan perayaan Idul Fitri tahun ini sebagai forum uji diri menjadi hamba Allah dalam sunyi, tanpa ada sanjung puji dan akhirnya terbukti menjadi pribadi yang asli, selain itu Idul Fitri di tengah pandemi ini juga menjadi media pembelajaran bagi umat untuk benar- benar menjadi manusia yang tidak hanya saleh secara pribadi akan tetapi juga sholeh secara sosial yang akhirnya akan mengantarkan menjadi hamba Allah yang sejati," lanjutnya.


Setiap perayaan hari besar agama maka setiap manusia yang beragama dituntut mampu berfikir dalam rangka menggali makna dan hikmah yang ada di dalamnya.


"Hal tersebut menjadi penting sebagai proses muhasabah (intropeksi diri) terhadap perjalanan hidup yang telah dijalani untuk kepentingan perbaikan di masa yang akan datang," pesannya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar