Media Berperan Penting Sosialisasikan Program dan Kinerja Pemerintah

Dilihat 902 kali
Pjs Bupati Magelang Tavip Supriyanto saat memberi keterangan pada pers di sela-sela kunjungan ke ruang redaksi BeritaMagelang.id (26/03)

BERITAMAGELANG.ID - Peran media dalam mendiseminasikan informasi pada masyarakat sangatlah penting. Media menjadi alat utama penyampai informasi pada masyarakat. Begitu pula dengan pemerintah. Peran media sangat strategis dalam mendiseminasikan informasi seputar pemerintahan pada masyarakat, termasuk informasi kinerja, kebijakan, maupun sosialisasi program-program Pemerintah lainnya.


"Media ini salah satu partner kita dalam mensosialisasikan seluruh kegiatan dan pembangunan di Kabupaten Magelang, jadi ini merupakan mitra kerja kita, partner kita dalam memberikan pembelajaran kepada seluruh masyarakat, mengedukasi pada masyarakat melalui pemberitaan-pemberitaan yang dibuat oleh kawan-kawan media," terang Pejabat sementara (Pjs) Bupati Magelang, Tavip Supriyanto saat ditemui BeritaMagelang.id usai acara penyerahan Surat Keputusan Kenaikan Pangkat PNS di GOR Gemilang Setda Magelang, Jawa Tengah, Senin (09/04).
 
Pemerintah Kabupaten Magelang sendiri memiliki 3 (tiga) media untuk mempublikasikan informasi pada khalayak, yakni Radio Gemilang, Majalah Suara Gemilang dan media online terbaru BeritaMagelang.id. Tavip berharap, ketiga media ini bisa berperan maksimal mengekspos berita terkait pembentukan image Pemda Magelang.
 
"Harapan kami ke kawan-kawan, khususnya para wartawan yang mengelola majalah, radio dan media online ini betul-betul bisa memberikan informasi yang seimbang, informasi yang benar-benar memberikan edukasi kepada masyarakat baik itu mengenai kegiatan sosial, kegiatan kemasyarakatan, juga kegiatan politik," harapnya.
 
Edukasi masalah politik, lanjut Tavip, edukasi masalah Pilkada menjadi penting kepada masyarakat karena memang ini tidak hanya merupakan tugas KPU tetapi juga media yang merupakan bagian dari Pemerintah Kabupaten Magelang.
 
"(Media) ini betul-betul menjadi corong dari Pemerintah bagaimana demokrasi atau bagaimana pendidikan politik di Kabupaten Magelang itu betul-betul bisa dilakukan. Dan yang kedua, bagaimana Pemerintah Kabupaten Magelang ini nanti bersama-sama dengan KPU dengan Panwas dalam menyelenggarakan Pilkada ini betul-betul bisa berjalan dengan aman damai dan bermanfaat," imbuhnya.
 
Ke depan, Tavip berharap agar sinergi Pemerintah Kabupaten Magelang bersama dengan media semakin kuat sehingga setiap kegiatan terkait dengan Kepala Daerah, program-program kerja yang dilakukan oleh Pemda itu bisa terpublikasi ke masyarakat.
 
"Biar nanti apa yang dilakukan Pak Bupati dan SKPD itu bisa terekspos, bisa terpublikasi pada masyarakat. Ini penting," tegasnya.
 
Tavip beberapa kali melakukan kunjungan 'dadakan' untuk mengetahui permasalahan di lapangan, dan mengumpulkan masukan dari luar. Menurutnya, media juga penting memberitakan hal tersebut agar kinerja dan upaya Pemerintah Kabupaten Magelang dapat diketahui masyarakat.
 
"Sehingga apa yang bisa kita lakukan untuk Kabupaten Magelang bisa segera kita anggarkan," katanya.
 
Terkait pemberitaan di salah satu media cetak Pemda, Majalah Suara Gemilang, Tavip mengaku sudah cukup baik.
 
"Menurut saya majalah (Suara Gemilang) sudah cukup bagus. Informasinya berimbang, antara berita budaya, berita daerah, juga berita pemerintahan semuanya sudah terakomodir di dalamnya," pungkasnya.
 
Majalah Suara Gemilang merupakan majalah milik Pemkab Magelang yang terbit sejak 1998. Hingga kini, majalah tersebut masih terbit secara bulanan dan didistribusikan secara gratis kepada masyarakat hingga ke desa-desa se-Kabupaten Magelang.
 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar