Mata Air Sendang Maren Sawangan Miliki Kadar Ph yang Baik

Dilihat 1289 kali
Mata Air Sendang Maren Sawangan Magelang, salah satu sumber mata air bersih Perumda Air Minum Tirta Gemilang.

BERITAMAGELANG.ID - Ada 19 sumber mata air milik Perumda Air Minum Tirta Gemilang yang tersebar di Kabupaten Magelang. PH air yang paling bagus adalah di Mata Air Sendang Maren Sawangan Magelang.


"Semua sumber mata air Perumda Air Minum Tirta Gemilang memenuhi standar. Namun yang paling bagus PH nya adalah di Mata Air Sendang Maren Sawangan, yang bisa sampai 6,8 hingga 7," ucap Kasubag Produksi Perumda Air Minum Tirta Gemilang, Heru Supriyanto, Rabu (19/1).


Jumlah pelanggan Perumda Air Minum Tirta Gemilang sebanyak 66.522 dari 19 mata air tersebut, termasuk melayani pelanggan lain daerah.


“Ada sebagian kecil warga Temanggung yang tidak terlayani Kabupaten Temanggung, menjadi pelanggan kami,” kata Heru.


Namun ada juga warga Kabupaten Magelang yang menjadi pelanggan Kota Magelang, karena tempat tinggalnya dilewati saluran PDAM dari mata air Karangnongko Bandongan.


Kendati demikian belum semua kecamatan di Kabupaten Magelang sudah menjadi pelanggan Perumda Air Minum Tirta Gemilang. Yaitu adalah Kecamatan Kaliangkrik, Windusari, Ngablak, Srumbung, Dukun dan Ngluwar. Hal tersebut lebih dikarenakan faktor teknis keberadaan sumber mata air baku.


"Mayoritas memang di daerah pegunungan, yang sudah tercover dengan Program Nasional Penyediaan Air Minum (PAMSIMAS)," jelas Heru.


Tirta Gemilang tetap mencari sumber mata air baku dengan standar air bersih. Diantaranya syarat mata air tersebut mempunyai kapasitas per detik minimal 10 liter pipa 4 hingga 6 inci. Yang bisa melayani 800 sampai 1.000 pelangan.


"Satu liter per detik bisa memenuhi kebutuhan air bersih 80 pelanggan. Adapun Standar Pelayanan Minimal (SPM) 100 liter orang per hari. Dari hasil kajian per hari satu orang memakai 60 liter air bersih itu sudah cukup," papar Heru.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar