Masyarakat Diajak Gemar Makan Ikan

Dilihat 113 kali
Penyerahan produk olahan ikan kepada masyarakat yang membutuhkan dalam bantuan Gemarikan kerjasama Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan Komisi IV DPR RI

BERITAMAGELANG.ID - Sebanyak 500 paket produk olahan ikan dibagikan kepada masyarakat Kabupaten Magelang dalam kegiatan Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispeterikan) setempat, Kamis (4/6/2020).


Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Dirjen Penguatan Daya Saing Produk serta Komisi IV DPR RI dalam rangka mendukung langkah-langkah Pemerintah untuk menangani dampak wabah pandemi covid-19 kepada masyarakat.


Plt Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispeterikan) Kabupaten Magelang, Sukamtono, mengatakan, berbagai macam olahan ikan tersebut dibeli pemerintah dari kelompok-kelompok UMKM lokal.


Selain sebagai upaya memberikan makanan bergizi kepada masyarakat, hal tersebut juga untuk memberikan rangsangan kepada UMKM aneka olahan ikan, agar bisa segera bangkit dari keterpurukan akibat dampak covid-19.


"Produk UMKM tersebut diantaranya ada bandeng, abon ikan, lele siap goreng dan lain-lain, produk tersebut kemudian disalurkan kepada kecamatan yang masih rawan stunting atau gizi buruk, serta ibu hamil," ungkap Sukamtono.


Dalam kesempatan tersebut, mewakili Kadinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng, PLT Kepala Bidang Usaha Pengembangan Komoditas, Kurniawan mengatakan, pada 2019 prevalensi stunting nasional dilaporkan turun 3,1% menjadi 27,67%, namun harus terus dilakukan upaya untuk menurunkan stunting nasional menjadi jadi 20% pada 2024 (catatan arahan Presiden menjadi 14%). 


Walaupun bukan daerah prioritas penanganan stunting, Pemerintah Kabupaten Magelang terus berupaya meningkatkan kesehatan masyarakatnya, salah satunya dengan mengajak masyarakat mengkonsumsi ikan.


Meski secara nasional angka konsumsi ikan terus meningkat dari tahun ke tahun, tingkat konsumsi ikan tersebut tidak merata di semua wilayah di Indonesia, baik provinsi maupun antar kabupaten/kota. 


Berdasarkan data Susenas (2018) Angka Konsumsi Ikan (AKI) Kabupaten Magelang sebesar 22,51 kg/kapita jauh di bawah capaian AKI Provinsi Jawa Tengah sebesar 30,64 kg/kapita dan capaian AKI Nasional sebesar 50,69 kg/kapita.


Untuk lingkup Jawa Tengah anggaran tahun 2021 nanti, Gubernur melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng, 35 Kabupaten Kota se Jateng akan dilakukan Gemarikan ini terkait dengan dampak covid-19. 


"Sementara ini, khususnya untuk Kabupaten Magelang, bantuan Gemarikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan kerjasama dengan Komisi IV DPR RI," terang Kurniawan.


Anggota Komisi IV DPR RI, Vita Ervina yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menambahkan, kemitraan selain perikanan juga mencakup kehutanan, lingkungan hidup dan pertanian.


"Untuk bantuan di Kabupaten Magelang sendiri kami juga menyalurkan bantuan terkait bibit tanaman keras untuk kehutanan dan bibit untuk pertanian, kali ini terkait dengan penanganan covid-19," jelas Vita.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar