Tingkatkan Kemudahan Layanan, BPJS Kesehatan Luncurkan Aplikasi Mobile

Dilihat 3338 kali
Para wartawan menunjukan aplikasi Mobile JKN usai mengunduh di smartphone, Kamis (26/04)

BERITAMAGELANG.ID - Guna memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan, Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan meluncurkan aplikasi Mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Ada beberapa kemudahan yang bisa dirasakan masyarakat melalui aplikasi berbasis Android dan IOS ini.

"Kemudahan yakni mendaftar sebagai peserta JKN; mengetahui informasi riwayat pengobatan; tagihan; mendaftar ke fasilitas kesehatan; bisa juga menyampaikan keluhan ataupun pertanyaan seputar JKN. Semua dilayani selama 24 jam," kata Kepala Cabang BPJS Kesehatan Magelang, Diah Miryanti di sela sosialisasi JKN KIS (Kartu Indonesia Sehat) bagi para wartawan di rumah makan Sekar Kedaton Magelang, Jawa Tengah, Kamis (26/04).

Namun, hingga saat ini, lanjut Diah, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum menyadari akan pentingnya asuransi kesehatan. Banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, antara lain, karena faktor pendidikan dan latar belakang kondisi finansial. 

"Untuk wilayah Kabupaten Magelang sendiri, jumlah peserta yang sudah terdaftar mengikuti Asuransi Sosial, khususnya kesehatan, telah mencapai 71,49 persen. Padahal perlindungan jaminan kesehatan ini sudah ada amanah undang-undangnya. Semua masyarakat Indonesia punya hak untuk jaminan kesehatan," lanjut Diah. 

Artinya, di Kabupaten Magelang, masih ada sekitar 364.000 jiwa yang memang belum mempunyai jaminan kesehatan nasional JKN-KIS. Sedangkan di Kota Magelang sendiri, peserta saat ini sudah mencapai 87,89 persen.

Diah juga menjelaskan kartu JKN-KIS tidak hanya dapat dipakai pada saat kondisi seseorang sedang sakit, melainkan juga bisa digunakan saat sedang sehat.

"Jadi saat sehat, Kartu JKN-KIS masih tetap bisa dipakai. Contohnya bagi ibu-ibu, kartu tersebut bisa dipakai pada saat melakukan pemeriksaan deteksi dini IVA Test. Lalu juga bisa dipakai promotif preventif, seperti senam sehat, dan kegiatan edukasi kesehatan yang lainnya. Jadi memang banyak fungsi dan kegunaannya," pungkas Diah.

Aplikasi Mobile JKN sebetulnya sudah diluncurkan sejak Juli 2017. Cukup dengan mengunduh aplikasi Mobile JKN di Google Playstore atau Apps Store, masyarakat dapat mendaftar menjadi peserta JKN KIS. Jangan lupa siapkan nomor kartu BPJS, NIK, nomor handphone dan alamat email.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar