Mancing Mania Meriahkan Hari Ikan Nasional

Dilihat 3239 kali

BERITAMAGELANG.ID - Peringati Hari Ikan Nasional Tahun 2019, Dinas Kelautan dan Perikanan Cabang Wilayah Selatan Provinsi Jawa Tengah menggelar acara Mancing Mania di lokasi pemancingan Resto Gatary, Desa Ngrajek, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Sabtu (30/11/2019).


Kegiatan mancing mania ini diikuti sebanyak 140 peserta terdiri dari masyarakat umum, perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng, dan beberapa SKPD di Kabupaten Magelang.


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jateng, Fendiawan Tskiantoro, mengatakan potensi ikan yang ada di Indonesia sangatlah melimpah. Ia berharap, generasi muda mulai sekarang harus dibiasakan mengkonsumsi ikan yang mempunyai kandungan protein baik bagi tubuh.


"Melalui kegiatan mancing mania ini otomatis secara tidak langsung kita telah mengajak masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan," ungkap Fendiawan.


Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Magelang, Adi Waryanto, sangat mengapresiasi terselenggaranya acara mancing mania tersebut.


Menurutnya, pemenuhan ikan sebagai sumber protein hewani di wilayah Kabupaten Magelang mempunyai potensi yang cukup tinggi. Potensi tersebut berupa luas kolam budidaya perikanan sebesar 273,2 Ha, Minapadi seluas 2.807,8 Ha, dan perairan umum seluas 479 Ha.


Sementara produksi perikanan budidaya di Magelang tahun 2019 sebesar 21.058,46 ton, perikanan tangkap sebesar 275,9 ton. Namun demikian, disayangkan potensi yang ada belum tergarap dengan optimal dan kondisi perikanan tangkap di perairan umum terkendala dengan semakin menurunnya populasi ikan, disebabkan oleh praktek penangkapan yang tidak ramah lingkungan.


"Contohnya seperti penangkapan ikan menggunakan racun, bom ikan dan setrum. Maka saya mengajak kepada semua pihak untuk memberantas praktek penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan," kata Adi.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar