Magelang Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Nindya

Dilihat 183 kali

BERITAMAGELANG.ID - Kabupaten Magelang kembali meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA). Penghargaan ini diberikan karena Kabupaten Magelang telah dinilai lolos dan layak memperoleh penghargaan oleh tim verifikasi yang terdiri dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Kementerian Hukum dan HAM, dan Pakar Anak beberapa waktu lalu.


Penghargaan KLA Kategori Nindya diserahkan oleh Menteri PPPA Yohana Yembise kepada Bupati Magelang Zaenal Arifin di Hotel Four Points Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/7), bersama dengan 23 kabupaten/kota seluruh Indonesia.


Yang lebih membanggakan, penghargaan KLA tahun ini naik predikat menjadi kategori NINDYA, dimana sebelumnya tiga kali perolehan KLA telah diraih dengan predikat Madya, serta yang sebelumnya lagi dua kali dengan kategori Pratama.


"Penghargaan ini adalah merupakan suatu prestasi kita bersama masyarakat dan pemerintah daerah dalam bentuk kerja keras dari desa, kecamatan hingga kabupaten.


Untuk itu saya berterima kasih kepada seluruh warga masyarakat serta instansi dan satuan kerja perangkat daerah terkait atas dukungannya hingga memperoleh pengharaan KLA kategori Nindya tahun ini," ujar Bupati Magelang Zaenal Arifin usai menerima penghargaan.


Pelaksanaan 24 indikator KLA meliputi berbagai bidang pemenuhan hak anak dan pemberdayaan perempuan perlindungan anak.


"Harapan kami, prestasi ini menjadikan pemicu semangat untuk terus bekerja keras guna meraih penghargaan serupa setingkat lebih tinggi yakni KLA dengan kategori Utama," harapnya.


Pada tahun ini, KLA kategori Utama baru diraih oleh tiga kabupaten/kota. Kegiatan penganugerahan KLA merupakan puncak acara peringatan Hari Anak Nasional tahun 2019 yang diselenggarakan di Makassar, Sulawesi Selatan.


Dalam kesempatan tersebut turut diserahkan 247 penghargaan dengan berbagai kategori. Khusus untuk KLA kategori Nindya ini diberikan kepada 23 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.


Pada kesempatan ini juga dicanangkan Gereja Layak Anak, Masjid Layak Anak dan Komunitas Wartawan Layak Anak dengan melaunching logo wartawan layak anak.


Acara dihadiri Deputi Bidang Perlindungan Anak, Sekretaris Utama Kementerian PPPA, para Gubernur, Bupati, Walikota penerima penghargaan dan ribuan tamu undangan lainnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar