Magelang Punya Sekolah Peduli Lingkungan

Dilihat 1909 kali
Bupati Magelang memberi hadiah buku kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaannya

Bupati Magelang Zaenal Arifin, meresmikan Sekolah Pelangi, sebuah sekolah yang peduli terhadap keindahan lingkungan.


"Kepedulian terhadap lingkungan hidup memang seyogyanya ditanamkan sedari dini sejak anak-anak kita masih berada di jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi, sehingga ke depan akan tercipta insan-insan yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap lingkungannya," katanya dalam peresmian sekolah Pelangi SD Taman Agung 3 Muntilan (20/01).


Bupati mengapresiasi kekompakan sekolah dengan Pihak Komite Sekolah yang telah memprakarsai dan menggagas ide diluncurkannya Sekolah Pelangi sebagai sebuah sekolah yang pertama kali di Kecamatan Muntilan dalam berkomitmen peduli terhadap keindahan lingkungan.


"Harapan saya, dengan di-launching-nya Sekolah Pelangi ini, nantinya akan benar-benar mampu memberikan pencerahan kepada warga masyarakat tentang pentingnya kepedulian dan keindahan lingkungan," harapnya. 


Disamping itu agar kerjasama antara masyarakat, komite sekolah dan pihak sekolah sendiri lebih erat dan meningkat demi semakin baiknya kualitas pendidikan di SD Negeri Tamanagung 3 Muntilan ini.

Sejalan dengan semangat ini, Kota Muntilan yang sudah berhasil meraih Piala Adipura tentunya tidak boleh puas dan berhenti sampai di sini, namun sebaliknya, harus semakin meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan hidup di sekitarnya.


Kebijakan dan pembangunan pendidikan di Kabupaten Magelang tidak hanya diarahkan untuk menciptakan insan-insan yang mempunyai kecerdasan berpikir dan berkeahlian, namun juga untuk mewujudkan manusia yang lebih peduli terhadap perkembangan sosial kemasyarakatan, termasuk kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya.


"Kebijakan pendidikan tersebut perlu saya sampaikan kepada hadirin sekalian mengingat fenomena yang terjadi akhir-akhir ini di mana sebagian masyarakat kita masih belum banyak memberikan kepedulian terhadap kebersihan, keindahan dan kenyamanan lingkungan," tegas Bupati.


Oleh karena itu ia berharap keberadaan sekolah pelangi ini akan menjawab serta memberi contoh akan fenomena atau perilaku masyarakat yang belum memiliki kepedulian terhadap lingkungan.


Saiful Badar, Ketua Komite SD Taman Agung 3 mengatakan, Sekolah Pelangi dibangun dalam rangka mendukung program pemerintah, yaitu menyiapkan kader-kader yang peduli lingkungan yang sudah ditanamkan sejak dini yaitu usia Sekolah Dasar.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar