Lupa Matikan Tungku, Rumah Milik Warga Tanggulrejo Tempuran Ludes Terbakar

Dilihat 76 kali
Kondisi Rumah Mulyo Slamet Pada Saat Kebakaran.

BERITAMAGELANG.ID-- Sebuah rumah milik, Mulyo Slamet (56) warga Dusun Tanggulboyo, Desa Tanggulrejo, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang ludes terbakar. Kebakaran terjadi sekira pukul 19.15 WIB, Senin (7/9/2020).


Kronologi terjadinya kebakaran sendiri bermula pada saat si pemilik rumah (Mulyo) lupa mematikan api tungku pada saat memasak di dapur dan ditinggal pergi begitu saja. Kemudian api pun menyambar pada tumpukan kayu yang berada di samping tungku dan terjadilah kebakaran.


Warga sekitar yang melihat kobaran api pada rumah korban langsung meminta bantuan dan menghubungi petugas pemadam kebakaran (Damkar) serta pihak kepolisian setempat.


Tim pemadam kebakaran saat mengevakuasi rumah korban. (foto.dok-BM)

Setelah menerima laporan dari warga, regu piket Damkar Kabupaten Magelang langsung meluncur ke TKP dengan mengirimkan 3 unit mobil pompa, 1 unit tangki suplay, 1 unit rescue beserta ambulance.


"Diduga kebakaran tersebut karena pemilik rumah lalai mematikan tungku pada saat memasak. Beruntung regu piket damkar langsung bisa mematikan titik api hingga pukul 20.15 WIB sehingga api tidak sempat merambat ke rumah warga sekitar," terang, Humas Damkar Kabupaten Magelang, Yoga Subarkah saat dikonfirmasi.


Lanjut Yoga, regu piket Damkar Kabupaten Magelang juga telah berhasil mengamankan 7 unit rumah lainnya dari kebakaran tersebut. Sementara jumlah kerugian akibat kebakaran tersebut ditafsir mencapai Rp 3 juta.


Yoga, juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati pada saat melakukan kegiatan di dapur (memasak) baik menggunakan tungku maupun menggunakan gas elpiji.


"Pastikan api telah padam sempurna sebelum meninggalkan rumah. Cek dengan teliti jangan sampai ada bara api apabila memasak menggunakan tungku, sehingga dapat menghindarkan dari kebakaran," pungkas Yoga.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar