Medali Penghargaan PBB, Kado Istimewa HUT Bhayangkara Untuk Polres Magelang

Dilihat 1481 kali
BERITAMAGELANG.ID - Kepolisian Resor Magelang Polda Jawa Tengah mendapat kado istimewa tepat di hari ulang tahun Bhayangkara ke 72, Minggu (01/07). Salah satu anggota Polres Magelang mendapatkan penghargaan bergengsi dari PBB terkait misi perdamaian di Haiti dalam misi Minujusth.

Adalah Bripka Danang Pambudi, pemuda asal Dusun Tegalsari, Desa Jumoyo, Kecamatan Salam, Magelang, Jawa Tengah, salah satu anggota Polres Magelang yang ditugaskan dalam misi PBB di Haiti. Ia mendapatkan medali penghargaan PBB untuk misi Minujusth, yang dilangsungkan dalam upacara Medali Parade, di Delta Camp, Port-AU-Prince, Haiti, Sabtu (30/06).

Bripka Danang menjelaskan, misi perdamaian PBB tersebut bukanlah tanggung jawab yang mudah untuk dilaksanakan.

"Kami ditugaskan untuk melaksanakan pendampingan terhadap Kepolisian Nasional Haiti," katanya.

Sebagai anggota kepolisian RI, Danang mengaku kerap kali mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan warga setempat, yakni faktor bahasa.

"Dimana di Haiti menggunakan bahasa Perancis dan Creole," lanjutnya.

Pola pendekatan dengan polisi lokal pun, kata dia, tidak boleh dilakukan sembarangan karena adanya perbedaan budaya dan hierarki. 

"Misi di Haiti pada dasarnya merupakan rank-less mission. Saya bekerja di Strategic Planning Section, dimana rekan kerja saya rata-rata berpangkat Kolonel, Letkol, dan Mayor," jelasnya.

Namun, hal itu justru menjadi tantangan dan justru memberikan motivasi lebih untuk selalu memberikan yang terbaik dalam penugasan, sehingga dapat mengharumkan nama Polri dan Indonesia.

"Secara umum, situasi keamanan di Haiti masih sangat fluktuatif. Dimana penembakan, perseteruan, dan gencatan senjata antar genk, unjuk rasa serta pemblokiran jalan sangat sering terjadi. Hal tersebut membuat pergerakan kita sangat terbatas, dan harus selalu waspada," ungkapnya.

Bripka Danang menjadi satu-satunya penerima medali penghargaan tersebut dari Anggota Polri. Sementara kontingen dari negara-negara lain, yakni Jerman, Perancis, Rusia, Slovakia, Djibouti, dan Srilanka juga menerima medali yang disematkan langsung Police Commisioner Minujusth, Brigadier General George Pierre Monchotte dari Perancis.

Dalam sambutannya, George mengungkapkan apresiasinya kepada seluruh individual Police Officer (IPO) yang telah berhasil meraih medali penghargaaan tersebut, yang mana telah berhasil menjadi salah satu bagian penting dalam mensukseskan misi perdamaian PBB di Haiti.

UN Medal merupakan penghargaan internasional yang diberikan oleh PBB ke berbagai kontingen negara di dunia yang ikut berpartisipasi dalam misi PBB, baik peacekeeping maupun non peacekeeping mission. PBB sendiri memulai pemberian medali pertamanya pada perang Korea (1950-1953).

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar