Longsor dan Angin Kencang Melanda Kabupaten Magelang

Dilihat 580 kali
Bencana angin kencang dan longsor melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Magelang, Minggu (20/2/2021)

BERITAMAGELANG.ID - Sejumlah bencana angin kencang dan tanah longsor terjadi di Kabupaten Magelang akibat hujan deras pada Minggu (21/2/2021).


Kejadian bencana tersebut tersebar di Kecamatan Bandongan, Mertoyudan, dan Ngablak.


Tingginya intensitas hujan di Dusun Kiringan Desa Kalegen Kecamatan Bandongan pada Pukul 13.00 WIB memicu tebing setinggi 7 meter dan panjang 6 meter longsor. 


"Material longsoran menutup saluran irigasi dan mengancam keberadaan rumah Yusrop warga setempat," kata Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto, Minggu (21/2/2021).


Selain itu, lanjutnya, angin kencang juga melanda wilayah Dusun Krombangan Desa Sumberejo Kecamatan Mertoyudan pada pukul 15.00 WIB.


Hujan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang juga menyebabkan satu rumpun bambu roboh dan menimpa bagian dapur rumah milik Dian yang mengakibatkan rusak ringan.


Pohon tumbang juga merusak rumah Edo dan Sulistyo warga Dusun Karangan Desa Bondowoso Kecamatan Mertoyudan. 


"Kedua rumah tersebut mengalami rusak ringan pada bagian atapnya," papar Edy.


Kemudian, angin kencang juga merusak rumah Sunut, warga di Dusun Babrik Desa Tejosari Kecamatan Ngablak. 


Selain itu angin kencang juga menyapu sebuah tenda resepsi pernikahan hingga porak poranda.


"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut," imbuh Edy.


Setelah dilakukan kaji cepat dan pendataan, penanganan langsung dilakukan terhadap rumah rusak oleh unsur BPBD, TNI Polri warga dan relawan.


Edy menuturkan, rencananya pada Senin (22/2/2021) akan dilakukan kaji cepat dan penanganan longsor di tiga titik yakni di Dusun Pucangan Desa Banjarejo Kecamatan Kaliangkrik. Kemudian dua titik longsor di wilayah Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar