KPU Gelar Lomba Senam Kreasi Pemilu

Dilihat 694 kali
Lomba Kreasi Senam Pemilu 2019, sebagai media sosialisasi kepada pemilih pemula digelar di Gedung Bhayangkara Utama Kompleks Mako Polres Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - KPU Kabupaten Magelang menggelar Lomba Kreasi Senam Pemilu 2019. Lomba digelar hari Minggu (24/02), di Gedung Bhayangkara Utama Kompleks Mako Polres Magelang, Jawa Tengah. 

Kegiatan ini bertujuan mengajak pemilih pemula agar aktif berpartisipasi dalam Pemilu 2019. Oleh karenanya lomba tersebut diperuntukkan bagi Siswa SMA dan SMK di Kabupaten Magelang.

Ketua KPU Kabupaten Magelang Afiffudin, mengatakan, selain sebagai wahana menyosialisasikan informasi Pemilu kepada pemilih pemula secara masif, lomba ini juga sebagai ajang  mengenalkan senam Pemilu 2019, dan lebih luas lagi bertujuan mengembangkan dan meningkatkan kreativitas dan inovasi gerakan senam di kalangan generasi milenial. 

"Inti dari kegiatan ini sebenarnya, melalui senam, KPU  mengajak pemilih pemula mengenal arti penting Pemilu sehingga tumbuh kesadaran untuk aktif dalam Pemilu 2019. 

Sebagaimana diketahui pemilih milenial kategori  di bawah usia 20 tahun di Kabupaten Magelang sebanyak 83.504 pemilih, sedangkan kategori 21 tahun hingga 30 tahun mecapai 200.627 pemilih," ucap Afiffuddin. 

Lomba tersebut diikuti tim senam 18 SMA/SMK di Kabupaten Magelang, dengan rincian satu tim terdiri dari 17 siswa dan tiga guru pendamping. 

Mereka akan ditantang menampilkan kreasi senam Pemilu  dengan iringan musik jingle Pemilu 2019 dan jingle Pemilu 2014. Dasar penilaiannya terdiri dari unsur kreativitas koreografi, kostum, kekompakan, keserasian dan kekuatan (power). Event ini memperebutkan hadiah uang senilai total Rp. 10.700.000,-. 

Dalam kesempatan tersebut Wakapolres Magelang, Kompol Eko Mardiyanto, dalam pidato sambutannya menyampaikan kualitas Pemilu akan terwujud dengan baik karena adanya pemilih yang cerdas.

"Sebagai pemilih pemula atau pelajar harus tetap cerdas menentukan pilihan, dan jangan lupa belajar dengan sungguh-sungguh serta jauhi narkoba dan miras yang dapat merusak jiwa mental dan masa depan," pesan Eko. 

Dalam lomba tersebut, Juara pertama diraih SMA Van Lith Muntilan, Juara 2 SMA Islam Sudirman Pakis, dan Juara 3 SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan. 

Juara Harapan 1 MAN 2 Magelang, disusul SMAN 1 Dukun, dan SMAN 2 Grabag sebagai Juara Harapan 2 dan 3.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar