Lereng Gunung Sumbing Hangus Terbakar

Dilihat 77 kali
KEBAKARAN. Lereng Gunung Sumbing di Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang terbakar dan telah dipadamkan oleh petugas.

BERITAMAGELANG.ID - Setelah hutan Gunung Andong terbakar pada akhir pekan lalu, kebakaran hutan kembali terjadi. Kali ini si jago merah melahap area petak 1-5 di Gunung Sumbing, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Senin (08/10) sekira pukul 10.00 WIB. 

"Kebakaran hutan tersebut diduga dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Drs. Edy Susanto, yang masih mengembangkan informasi pihak yang menyalakan sumber api. 

Kronologi kejadian, sekitar pukul 10.00 WIB, petugas Perhutani (Mandor) mendapat laporan dari Ketua LMDH Desa Sukomakmur, Jahro, terkait adanya kebakaran hutan di Petak 1-5.

Dengan adanya laporan tersebut langsung diinformasikan kepada Asper/KBKPH Magelang & KRPH Mangli, yang selanjutnya langsung mengadakan pemadaman api bersama Masyarakat Desa Sukomakmur dan Desa Adipura.

"Luas areal yang terbakar seluas 4 hektar. Akibat kebakaran hutan tersebut kerugian ditaksir Rp. 600.000," lanjut Edy. 

Kegiatan penanganan oleh petugas dengan cara koordinasi dengan pihak/ instansi terkait. Meminta bantuan pada masyarakat dan LMDH, membuat ilaran/sekat bakar dan memadamkan langsung ke titik api. 

"Penanganan Pemadaman api selama kurang lebih 5 jam, dari pukul 10.00 s/d 15.00 WIB, dan saat ini api telah berhasil dipadamkan," tutupnya. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar