Lembaga Amal Zakat Human Initiative Salurkan Bantuan Dapur Air Di Titik Pengungsian

Dilihat 976 kali

BERITAMAGELANG.ID - Lembaga Amal Zakat Nasional Human Initiative Cabang DIY menyalurkan bantuan di seluruh titik pengungsian di Kabupaten Magelang berupa 'Dapur Air' lengkap dengan segala keperluannya.


Kepala Cabang Human Initiative DIY, Agus Triyono menjelaskan lembaga ini memang fokus salah satunya kepada bidang kebencanaan. 


"Bantuan yang kami salurkan ini berupa dapur air untuk memberikan fasilitas air minum kepada para pengungsi. Biasanya di pos pengungsian itu adanya hanya air putih saja, sedangkan yang mengungsi saat ini adalah kelompok rentan dari orang tua, anak-anak, sampai balita yang tentunya mereka butuh air hangat dan sebagainya," jelas Agus saat menyalurkan bantuan dapur air di Balai Desa Deyangan, Sabtu (7/11/2020).


Dapur air tersebut juga dilengkapi berbagai kebutuhan seperti gula, teh, susu, dan kopi agar mempermudah para pengungsi terutama bagi kelompok rentan.


"Kenyataannya pada saat kami melakukan asesmen juga tidak ada air yang langsung hangat untuk dikonsumsi, adanya cuma air putih dingin saja, maka keberadaan dapur air ini kami harap bisa membantu," katanya.


Agus mengatakan dapur air ini akan terus ada hingga masa pengungsian berakhir. Di dapur tersebut tersedia dua dispenser yang tidak akan pernah kekurangan air.


Selain di balai desa Deyangan, dapur air ini juga akan didirikan di seluruh titik pengungsian antara lain balai desa Mertoyudan, desa Banyurojo, desa Tamanagung dan yang lainnya.


"Yang jelas air ini tidak akan pernah kering. Kami pastikan akan selalu tersedia di dapur air ini. Kami juga sediakan susu bagi kelompok anak-anak. Mereka ini juga butuh diberikan asupan gizi agar tetap sehat," pungkas Agus.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar