Miris, Saat Lebaran Rumah Warga Mancasan Ludes Terbakar

Dilihat 2004 kali

BERITAMAGELANG.ID - Hari ke tiga lebaran Idul Fitri 2018 menyisakan duka bagi Hastuti (45) warga Dusun Mancasan Desa Gulon Kecamatan Salam Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 

Diduga akibat korsleting listrik, rumah ibu rumah tangga itu ludes dilalap si jago merah, Minggu (17/06) malam.

"Kebakaran pertama kali terlihat pukul 23.00 WIB. Penghuni rumah yang kaget berteriak minta tolong," cerita Harsono, salah satu warga di lokasi.

Menurut Harsono, warga yang mendengar teriakan minta tolong dari pemilik rumah langsung berupaya memadamkan api. Namun, kencangnya tiupan angin dan material rumah dari kayu membuat kobaran api cepat menjalar ke bagian lain.

"Warga langsung menghubungi Pos Damkar sambil beramai-ramai mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya. Tapi api berkobar membakar kayu usuk dan blandar dengan cepat," tambahnya.

Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Magelang mendapat laporan pada pukul 23.45 WIB, dan langsung bergerak ke lokasi.

"Kebakaran berhasil dipadamkan 3 jam kemudian oleh warga bersama tiga unit mobil Damkar dari pos Muntilan dan 2 unit Damkar Kabupaten," terang Kepala pelaksana UPT Damkar Kabupaten Magelang Heri Prawoto saat dihubungi, Senin (18/06).

Pemilik rumah berhasil selamat meski menderita luka bakar.

"Hastuti menderita luka bakar ringan di tangan dan jari kaki tergores material rumah saat menyelamatkan diri," jelas Heri.

Korban kini mengungsi di rumah tetangga. Semua isi rumah ludes terbakar termasuk satu unit sepeda motor.

"Kerugian ditaksir mencapai 150 juta rupiah. Kondisi rumah juga sudah tak layak dihuni lagi (karena) hangus terbakar," tutupnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar