Launching Tas Sampah Dan Penanaman Pohon Akan Warnai Hari Pers Nasional

Dilihat 334 kali
Panitia HPN 74/2020 Kabupaten Magelang saat audiensi dengan Sekda Kabupaten Magelang, Adi Waryanto, Jumat (31/1)

BERITAMAGELANG.ID - Ribuan bibit pohon akan ditanam di gunung Telomoyo dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) ke 74 pada Februari 2020 mendatang. 


Penanaman bibit pohon ini bertujuan menghijaukan gunung yang berada di wilayah yang berbatasan dengan kabupaten Semarang itu. Selain itu untuk menjaga kelestarian alam. 


Sekda Kabupaten Magelang Adi Waryanto menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan dalam rangka HPN 74/2020 ini. Ia juga menyampaikan terima kasih karena wartawan sudah banyak mendukung program pemerintah dengan memajukan pariwisatanya. 


“Terimakasih atas dukungan dari para wartawan yang selalu gencar mempromosikan wisata di Kabupaten Magelang. Dengan promosi, tingkat kunjungan wisatawan semakin bertambah," ungkap Adi di kantornya saat audiensi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang, Jumat (31/1).


Ia juga berharap, penyelenggaraan HPN oleh PWI Kabupaten Magelang berjalan dengan lancar dan sukses.


“Kita juga akan melepas burung Jalak yang sudah semakin punah karena diburu," kata ketua PWI Bagyo Harsono.


Bagyo menjelaskan, menyambut HPN tahun ini, PWI Kabupaten Magelang mengadakan event "HPN Goes To Telomoyo 2020" dengan tema 'Resik Ijo Gununge, Mulyo Wargane". Tema itu sengaja diambil dengan maksud bisa  menambah keakraban keluarga dan manfaat pada kehidupan pariwisata, sosial, budaya dan lingkungan sekitar.


Namun yang istimewa dalam HPN kali ini, akan dilaunching tas sampah dan trip wisata jeep di gunung Telomoyo kecamatan Ngablak. 


Menurut Bagyo, tas sampah yang dilaunching ini dibuat oleh warga sekitar Telomoyo, demi menjaga kelestarian alam gunung. Setiap wisatawan yang naik gunung, nantinya dibekali dengan tas untuk mengangkut sampah mereka sendiri. 


“Jadi wisatawan tidak membuang sampah secara sembarangan di atas gunung. Mereka diminta untuk memasukkan sampah ke dalam tas tersebut, kemudian dibawa turun kembali dan dibuang di tempat yang sudah disediakan," ujarnya.


Tas sampah itu sekaligus untuk mengedukasi wisatawan agar disiplin. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam Telomoyo sekaligus menjaga kelestarian dan kebersihannya. 


"Bila kawasan wisatanya bersih, maka akan banyak pengunjung yang datang lagi," imbuhnya.


Bagyo menambahkan, HPN 2020 ini selain sebagai ajang silaturahmi antara wartawan dengan para stakeholder, juga untuk mempromosikan wisata di kabupaten Magelang. Terutama sekitar Gunung Telomoyo yang kini mulai menggeliat dan jumlah kunjungan wisatanya sudah semakin meningkat. Kegiatan ini akan dipusatkan di lapangan parkir gunung Telomoyo kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar