Lagi, Dua Warga Salaman Positif Covid-19

Dilihat 5850 kali

BERITAMAGELANG.ID -- Pasien terkonfrmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, kembali bertambah Senin (17/8/2020). Kali ini tambah enam pasien, meliputi tiga laki-laki dan tiga perempuan. Dua diantaranya berasal dari Kecamatan Salaman. Untuk lainnya, tersebar di Kecamatan Kaliangkrik, Mertoyudan, Mungkid dan Salam.


Menurut Koordinator Bidang Operasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Retno Indrastuti mengatakan, tiga perempuan tambahan pasien positif baru itu, berasal dari Kecamatan Kaliangkrik berusia 66 tahun. Ia terpapar karena kontak erat dengan pasien positif sebelumnya. Kemudian, perempuan usia 25 tahun, asal Mertoyudan, juga terpapar karena kontak dengan pasien positif yang menjalani isolasi mandiri. "Terakhir, seorang perempuan usia 29 tahun warga Salaman. Ia juga terpapar karena kontak erat dengan pasien positif sebelumnya," katanya.


Sedang tiga laki-laki yang hari ini terpapar Covid-19, lanjut Retno yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang itu, berasal dari Kecamatan Salaman berusia 28 tahun. Kemudian, laki-laki berusia 28 tahun berasal dari Kecamatan Mungkid. Terakhir, seorang anak laki-laki berusia 10 tahun asal Kecamatan Salam. "Enam tambahan pasien positif baru hari ini, semuanya terpapar covid-19 karena kontak erat dengan pasien positif sebelumnya. Dan untuk saat ini, keenamnya memilih melakukan isolasi mandiri di rumahnya dengan pengawasan ketat dari gugus tugas kabupaten, satgas kecamatan dan desa," lanjutnya.


Dengan tambahan enam itu, jumlah kumulatif pasien positif saat ini ada 207 orang. "Rinciannya, 12 dirawat, 14 menjalani isolasi mandiri, 174 sembuh dan tujuh meninggal. Untuk orang dalam pemantauan (ODP), hari ini tinggal tiga yang masih dalam pemantauan," imbuh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hari ini ada satu tambahan baru berasal dari Kecamatan Kajoran. Meski demikian, hari ini juga ada dua PDP yang sembuh berasal dari Kecamatan Borobudur dan Grabag. "Dengan tambahan satu baru dan dua sembuh itu, jumlah akumulasinya menjadi 421 orang. Rinciannya, 12 dirawat, 359 sembuh dan 50 meninggal," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju adaptasi kebiasaan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar