Lagi Tiga Orang Positif Covid-19, Dua Diantaranya Warga Mertoyudan

Dilihat 4861 kali
foto ilustrasi okezone.com

BERITAMAGELANG.ID -- Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, bertambah tiga orang Rabu (19/8/2020). Semua berjenis kelamin laki-laki, dua diantaranya berasal dari Kecamatan Mertoyudan. Satunya dari Kecamatan Borobudur alih status dari Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Meski demikian, hari ini ada satu pasien positif yang sembuh. Ia berasal dari Kecamatan Tegalrejo.


"Dua tambahan positif dari Kecamatan Mertoyudan, yakni usia 33 dan 23 tahun. Untuk yang berusia 33 tahun, positif berdasarkan hasil swab tanggal 15 Agustus. Ia adalah pelaku perjalanan. Sedang yang berusia 23 tahun, hasil swab tanggal 12 Agustus. Hasil tracing, ia terpapar karena kontak erat dengan pasien positif. Sementara tambahan dari Borobudur, berusia 47 tahun seorang pelaku perjalanan. Positif berdasarkan swab tanggal 18 Agustus di RSUD Tidar. Ketiganya saat ini memilih melakukan isolasi mandiri," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Ditambahkan Nanda, dengan tiga tambahan baru dan satu sembuh itu, jumlah akumulasi pasien positif di Kabupaten Magelang berjumlah 222 orang. "Sebanyak 222 orang itu, terdiri dari 19 dirawat, 21 menjalani isolasi mandiri 175 sembuh dan tujuh meninggal," imbuhnya.


Sementara untuk PDP, hari ini ada tambahan enam baru. Dua diantaranya berasal dari Kecamatan Secang. Sisanya tersebar di Kecamatan Kajoran, Windusari, Tegalrejo dan Grabag. Meski demikian, ada empat PDP yang sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Salaman, Srumbung dan dua dari Kecamatan Mertoyudan. "Hari ini juga ada satu PDP dari Borobudur yang alih status menjadi positif. Dengan tambahan enam baru, empat sembuh dan satu alih status itu, jumlah kumulatif PDP menjadi 430 orang. Rinciannya 10 dirawat, 368 sembuh dan 52 meninggal," jelasnya.


Sedang untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), hari ini ada satu orang yang lolos pantau. Hanya saja, ada dua ODP baru. Sehingga untuk jumlah total ODP yang masih dipantau ada delapan orang. "Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Corona di Kabupaten Magelang masih ada," tegasnya.


Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju adaptasi kebiasaan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar