Lagi, Dua Warga Mertoyudan Positif Covid-19

Dilihat 1578 kali

BERITAMAGELANG.ID - Dua warga Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Minggu (16/8/2020), kembali dinyatakan positif Covid-19. Satu diantaranya adalah seorang perempuan berusia 41 tahun, dan laki-laki berusia 45 tahun. Kedua-duanya memilih melakukan isolasi mandiri. Kini dari total 21 kecamatan di wilayah ini, Kecamatan Mertoyudan yang paling banyak terdapat pasien positifnya. Total kini ada 11 warganya yang dinyatakan positif.


"Untuk dua tambahan positif itu, yang laki-laki bekerja disebuah perusahaan dan sering melakukan perjalanan ke Jogja. Hasil laboratorium swab di Rumah Sakit Subhanol Wathon tanggal 10 Agustus 2020, dinyatakan positif. Sedang yang perempuan, belum diketahui riwayatnya. Namun hasil swabnya dinyatakan positif tertanggal 15 Agustus 2020," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Meski ada dua tambahan itu, kata Nanda, hari ini ada satu pasien positif sembuh. Ia adalah seorang laki-laki berusia 54 tahun, warga Kecamatan Mertoyudan. "Dengan tambahan dua baru dan satu sembuh itu, jumlah akumulasi pasien positif menjadi 201 orang. Rinciannya, 12 dirawat, delapan menjalani isolasi mandiri, 174 sembuh dan tujuh meninggal," jelasnya.


Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hari ini ada tambahan satu orang dari Kecamatan Grabag. Sehingga total PDP hingga saat ini, ada 420 orang. "Sebanyak 420 PDP itu, terdiri dari 13 dirawat, 357 sembuh dan 50 meninggal. Sedang untuk orang dalam pemantauan (ODP), hari ini ada lima orang yang lolos pantau. Sehingga kini tinggal tiga ODP yang masih terus dilakukan pemantauan," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju adaptasi kebiasaan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar