Kunjungan Kerja DPRD Banyumas Ke Kabupaten Magelang Bahas Pariwisata

Dilihat 373 kali

BERITAMAGELANG.ID - Rombongan Pansus I DPRD Kabupaten Banyumas melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Magelang. Dalam kunjungannya, rombongan tersebut ingin bertukar pengalaman dan ilmu tentang perkembangan Pariwisata, khususnya Candi Borobudur setelah ditetapkan menjadi destinasi super prioritas pembangunan pariwisata oleh Presiden Joko Widodo.


Ketua Rombongan Pansus I DPRD Kabupaten Banyumas, Didi Widianto menyampaikan tujuan utama kunjungan kerjanya di Kabupaten Magelang adalah untuk mengetahui perkembangan dan langkah-langkah Pemerintah Kabupaten Magelang dalam menyambut kebijakan pemerintah pusat dalam melakukan pembangunan super prioritas pariwisata, yang salah satunya di kawasan Borobudur.


"Kita ingin belajar tentang bagaimana kesiapan Pemkab Magelang terkait kebijakan pemerintah pusat yang telah menetapkan kawasan Borobudur sebagai kawasan super prioritas pembangunan pariwisata, karena secara topografis Kabupaten Banyumas tidak berbeda jauh dengan Kabupaten Magelang, hanya bedanya kita tidak memiliki Candi," ujar Didi dalam sambutannya di Ruang Bina Karya, Setda Kabupaten Magelang, Rabu (5/2/2020).


Pada kesempatan yang sama, Didi mengaku sangat mengagumi industri-industri kreatif dan keberadaan desa-desa wisata yang ada di Magelang, khususnya di kawasan Candi Borobudur.


"Bahkan di Magelang ada Desa Bahasa, sehingga kami perlu belajar banyak," kata Didi.


Bupati Magelang melalui Asisten Administrasi Umum, Asfuri menjelaskan Kabupaten Magelang secara topografi dikelilingi lima Gunung, dengan empat sektor unggulan, salah satunya pariwisata.


"Memang Kabupaten Magelang ini dianugerahi sebuah destinasi pariwisata yang sangat luar biasa, yaitu Candi Borobudur. Namun demikian, pemerintah juga mengembangkan kawasan pariwisata lainnya seperti Ketep Pass, Air Terjun Kedung Kayang yang bertujuan untuk menambah lama tinggal wisatawan di Kabupaten Magelang," ungkap Aafuri.


Dalam kesempatan tersebut Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata pada Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olah Raga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Nur Supindahwati mengungkapkan pihaknya masih memiliki PR bagaimana memberdayakan kawasan-kawasan di luar Borobudur. 


"Karena perlu diketahui keberadaan Borobudur secara nominal belum ada kontribusinya kepada Pemkab Magelang. Oleh karena itu bagaimana caranya menciptakan daya tarik lainnya selain Candi Borobudur," katanya.


Terkait pariwisata di Kabupaten Magelang, Nur mengungkapkan bahwa, di tahun 2017 lama kunjung wisatawan di Kabupaten Magelang hanya 2-3 jam saja. Sementara pada 2018 mengalami peningkatan 3-6 jam.


"Alhamdulillah di tahun 2019 sudah bertambah lagi menjadi 7 jam. Menurut kami inilah tantangan kami agar terus berbenah supaya lama tinggal wisatawan di Magelang semakin meningkat," pungkas Nur Supindahwati.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar