Kunjungan DPR RI, Putra Nababan Singgung Pengembangan SDM di Borobudur

Dilihat 621 kali
Anggota Komisi X DPR RI yang juga mantan penyiar televisi swasta nasional Putra Nababan saat kunjungan kerja ke Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Borobudur ditetapkan menjadi lokasi super prioritas pembangunan pariwisata oleh Presiden Joko Widodo. Terkait hal tersebut, anggota Komisi X DPR RI, Putra Nababan, menuturkan untuk mendukung pembangunan tersebut maka masyarakat di sekitar Borobudur harus mendapatkan pelatihan SDM sesuai kebutuhan.


"Biar bagaimana pun menurut saya, coba dipetakan kebutuhan pelatihan SDM di Borobudur untuk masyarakat sekitar itu apa, jangan melakukan pelatihan untuk SDM yang nantinya tidak dibutuhkan. Kebutuhannya apa dipetakan dulu, nah lalu baru diberi pelatihan," tutur Putra Nababan, saat melakukan kunjungan kerja spesifik bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Magelang bersama rombongan Komisi X DPR RI, Jumat (22/11/2019).


Sementara, Ketua Rombongan Komisi X DPR RI, yang juga sebagai Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih, mengatakan bahwa tujuan rombongan Komisi X DPR RI hadir di Kabupaten Magelang adalah untuk mengetahui perkembangan capaian target kunjungan wisatawan di Borobudur. 


Lanjut Fikri, kemudian langkah strategis apa yang sudah dilakukan oleh Badan Otorita Borobudur dengan banyaknya kenaikan anggaran. Lalu apa saja yang akan menjadi prioritas kegiatan dalam rangka mencapai target kunjungan wisatawan.


"Kedatangan kami ini memang ingin melihat secara langsung dan berdialog dengan para stakeholder terkait untuk mengukur sejauh mana keberhasilan pembangunan di bidang Pariwisata khususnya di Borobudur," ujar Fikri.


Bupati diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Magelang, Adi Waryanto, sangat menyambut baik kedatangan rombongan Komisi X DPR RI di Kabupaten Magelang dalam rangka kunjungan kerja spesifik bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Magelang.


"Dalam hal ini kami juga mengundang Kepala SKPD terkait dan seluruh stakeholder untuk bisa berkoordinasi dan berkomunikasi secara langsung terkait perkembangan destinasi wisata Internasional Candi Borobudur," kata Adi Waryanto.


Untuk diketahui, kunjungan Komisi X DPR RI di Kabupaten Magelang ini juga dihadiri oleh seluruh Kepala SKPD terkait di Kabupaten Magelang, Kepala Disporapar Jateng, Sinoeng Nugroho Rachmadi, dan Direktur PT TWC, Edy Setijono.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar