KSPM Gelar Simulasi Penanganan Covid-19

Dilihat 1214 kali
Relawan komunitas selorejo peduli Menoreh, lakukan simulasi penanganan Covid-19.

BERITAMAGELANG.ID -  Sebagai upaya peningkatan kapasitas anggota tim relawan, Komunitas Selorejo Peduli Menoreh (KSPM) dan para pelaku wisata di Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, menggelar simulasi penanganan Covid-19. Pihaknya sadar jika kegiatan normal baru menjadikan sebuah tantangan menuju aktifitas normal dengan protokol dan pembatasan yang sangat perlu diperkenalkan kepada semua lapisan masyarakat.


"Hal ini tentunya perlu terus dilakukan sosialisasi dan edukasi kepada para relawan dan pelaku wisata maupun masyarakat secara umum. Apalagi, desa kami sering dikunjungi orang dari berbagai tempat lain. Kami ingin agar desa kami selalu menjadi desa tujuan wisata edukasi alam yang aman dan menyenangkan," kata Shoim, salah satu anggota KSPM yang juga pelaku wisata di Desa Ngargoretno, disela-sela simulasi, Jumat (17/7/2020).


Disampaikan, warga di desanya sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana cara penanganan orang yang terpapar Covid-19. "Kami selalu ingin belajar dan meningkatkan kemampuan diri sebagai desa yang tangguh aman dan nyaman. Simulasi penanganan Covid-19 yang dilakukan pada hari ini, merupakan upaya menuju normal baru yang kami simulasikan bersama seluruh elemen masyarakat yang ada," ungkapnya. 


Sosialisasi dan edukasi ini, dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan diri terhadap aktifitas normal baru dan juga mensinergikan para pelaku wisata desa dengan tim gugus tugas desa maupun komunitas relawan yang ada di Desa Ngargoretno. "Ini penting agar kegiatan ekonomi melalui sektor wisata bisa berjalan sinergis dengan mengedepankan prinsip-prinsip kesehatan. Simulasi yang dilakukan pada hari ini, juga bertepatan dengan peringatan 10 tahun hari jadi KSPM dan dilakukan secara swadaya oleh tim Relawan KSPM bekerjasama dengan para pelaku wisata pemerintahan Desa Ngargoretno," imbuh Kepala Desa Ngargoretno, Dodik Suseno.


Dalam kegiatan tadi, dihadiri oleh Babinkamtibmas, Babinsa, tenaga medis dari poliklinik Desa Ngargoretno, seluruh anggota KSPM dan Kepala Desa Ngargoretno sebagai ketua Gugus Tugas Penanggulangan covid 19 di Desa Ngargoretno. Sedang kegiatan dilakukan di kawasan Wisata Museum Alam Marmer Indonesia (MAMI) dan dihadiri oleh 70 orang dari perwakilan seluruh unsur diatas. 

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar