Sosialisasikan Pemilu Melalui 'KPU Goes To Campus'

Dilihat 1251 kali
KPU Goes to Campus, sosialisasi Pemilu menyasar kepada pemilih pemula

BERITAMAGELANG.ID - KPU Kabupaten Magelang menggiatkan sosialisasi Pemilu di berbagai instansi Pendidikan, salah satunya di Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (20/02).


Anggota KPU Kabupaten Magelang Divisi Sosialisasi dan Partisipasi, Dwi Endis M. mengatakan, kegiatan tersebut dikemas dalam acara 'KPU Goes to Campus'. Tujuannya adalah sosialisasi kepada basis pemilih pemula.


"Ini adalah program KPU Kabupaten Magelang, yang mana pemilih pemula dirasa sangat perlu menerima sosialisasi Pemilu karena belum pernah mempunyai pengalaman mencoblos secara langsung," terang Endis.


Selain di Polbangtan, sosialisasi juga telah dilaksanakan di API Tegalrejo (12/02), dan Persit Kartika Chandra Kirana di Makodim (11/02). Menyusul di SMAN Dukun (25/02); SMK Bantara Muntilan (26/02); Universitas Muhammadiyah Magelang (28/02); dan menurut rencana dengan komunitas disabilitas (23/02).


"Sasaran sosialisasi selain pemilih pemula juga kaum disabilitas dan lain-lain. Dengan pemateri sosialisasi langsung dari KPU Kabupaten Magelang," lanjutnya.


Selain itu, pihaknya juga dibantu Relawan Demokrasi bentukan KPU Kabupaten Magelang yang beranggotakan masyarakat umum. Relawan Demokrasi bertugas mensosialisasikan Pemilu pada masyarakat yang terbagi dalam 11 bidang basis pemilih.


11 bidang tersebut adalah pemilih berbasis keluarga; pemilih berbasis muda; pemilih berbasis pemula; pemilih berbasis perempuan; pemilih berbasis penyandang disabilitas; pemilih berbasis berkebutuhan khusus; pemilih berbasis komunitas; pemilih berbasis kaum marjinal; pemilih berbasis keagamaan; pemilih berbasis demokrasi; dan pemilih berbasis warganet (netizen).


"Relawan juga melakukan sosialisasi sesuai dengan basis relawan. Jadi skalanya lebih kecil. Masing-masing relawan baik sendiri maupun bersama melakukan kegiatan sosialisasi pada basisnya," tandas Endis.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar