KPK Jelajah Negeri Bangun Integritas Anti Korupsi Dari Sekolah

Dilihat 1721 kali
Pimpinan KPK Thony Saut Situmorang memberikan materi dalam Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi di SMA Taruna Nusantara Magelang, Jawa Tengah, Kamis (18/10).

BERITAMAGELANG.ID - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Thony Saut Situmorang mengungkapkan semua daerah di Indonesia memliki masalah korupsi, namun KPK belum bisa membuktikannya.

"Sedikitnya 7.000 surat pengaduan masuk ke KPK per tahun. 30 persen diantaranya berpotensi korupsi. Sejak tahun 2014 hingga Mei 2018 terdapat 45 Bupati, 21 Walikota, dan 13 Gubernur masuk dalam penanganan KPK," kata Saut saat memberikan materi Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi di SMA Taruna Nusantara (TN) Magelang, Jawa Tengah, Kamis (18/10).

Ia menuturkan, tindak pidana korupsi (tipikor) bisa diantisipasi melalui pembenahan sistem, salah satunya dari sekolah. Pihak sekolah dapat membekali para siswanya dengan budaya integritas sebagai antisipasi tindakan korupsi.

"Integritas dan kejujuran harus dibangun di lingkungan sekolah. Karena di masa depan kalian (para siswa) akan menjadi pemimpin, mungkin diantaranya ada yang menjadi pimpinan KPK," lanjutnya.

Menurut Saut, keberadaan KPK adalah untuk mempertahankan peradaban dengan cara mencegah korupsi yang diawali dari para generasi penerus.

"Mengantisipasi lebih sulit dibanding aksi penangkapan. Para siswa harus berani bersikap zero tolerans untuk korupsi meski itu dilakukan oleh orang dekat kalian sendiri," tegas Saut.

Tidak hanya dibutuhkan kepintaran bagi anggota KPK maupun pemimpin sebuah instansi pemerintahan. Namun, tak kalah penting adalah integritas dan kejujuran dalam melaksanakan tugas.

"Pimpinan makin banyak uang tetapi kemudian integritasnya gak jalan, ya semakin banyak yang tertangkap. Itu kalau bicara korupsi dari umpamanya anggaran dan lain lain," imbuhnya.

Kepada ribuan siswa dan Pamong SMA TN, Saut berpesan agar menguatkan bangunan budaya integritas untuk bersama-sama menuju kondisi yang lebih baik. Karena korupsi merupakan suatu tindak kejahatan yang menyengsarakan.

"Ini tantangan kita semua supaya mengubah kondisi. Kita khawatir pertumbuhan ekonomi semakin baik tapi integritas kita masih terganggu dan itu ancaman. Ini soal integritas saja," pungkas Saut.

Roadshow KPK bertema "Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi" ini merupakan rangkaian program kampanye antikorupsi yang digagas oleh KPK ke sejumlah daerah termasuk Magelang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar