Kosti Magelang Raya Kukuhkan Dua Komunitas Sepeda Tua

Dilihat 1437 kali
Dua komunitas sepeda tua Cobra dan Boxsi dikukuhkan masuk bergabung ke Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Magelang Raya.
BERITAMAGELANG.ID - Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Magelang Raya mengukuhkan dua komunitas sepeda tua, di Dusun Dowasan Desa Bondowoso Kecamatan Mertoyudan Magelang, Minggu (6/12/2020).

Kedua komunitas sepeda tua itu adalah Community Of Onthel Bondowoso Raya (Cobra) dan Bumirejo Onthel Xtrime Indepandent (Boxsi) dari Desa Bumirejo Mungkid Magelang.

"Kedua komunitas tersebut merupakan anggota ke 26 dan 27 yang bergabung ke Kosti Magelang Raya. Sehingga saat ini ada 27 klub yang tergabung di Kosti Magelang Raya," ujar Ketua Kosti Magelang Raya, Muhammad Sani Lais.

Syarat untuk dapat bergabung ke Kosti, adalah memiliki sepeda tua (ontel Jowo), minimal sudah berdiri satu tahun, satu visi dengan Kosti Magelang Raya, kepengurusan yang lengkap (ketua, sekretaris, bendahara), serta ada izin dari desa setempat atau pemerintahan.

"Tadinya komunitas tersebut hanya tingkat dusun, kemudian kami usulkan agar naik ke tingkat desa, dengan tujuan dusun lainnya yang satu desa dapat bergabung.

Selain itu komunitas harus sudah ada kegiatan satu tahun sebelumnya, baru dilakukan pengukuhan. Hal itu sebagai bentuk keseriusan membangun komunitas, bukan hanya sekedar latah saja, bosan terus bubar," terang Sani.

Ketua Komunitas Cobra, Eyas Supriono menuturkan, pembentukan komunitas sepeda ontel di Desa Bondowoso, berawal dari kesamaan hobi sepeda tua.

"Selain kesamaan hobi kami ingin merawat budaya bersepeda tua agar tidak hilang ditelan zaman," tutur Eyas.

Acara pengukuhan tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan ketat. Panitia menyediakan masker, hand sanitizer, peralatan cuci tangan dan pengukur suhu tubuh.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar